TPA Seboro di Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo.

Kabupaten Probolinggo Produksi 1.400 Ton Sampah per Bulan

Probolinggo – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo terus berjuang mengatasi sampah. Pasalnya, produksi sampah di Kabupaten Probolinggo terbilang cukup banyak.

Pejabat Fungsional Teknik Penyehatan Lingkungan Muda pada DLL setempat, Muhammad Aminullah mengatakan, volume sampah yang diangkut setiap harinya memang terbilang banyak. Dari banyaknya, produksi sampahnya setiap bulan tidak bisa ditebak, terkadang naik dan terkadang turun. Rata-rata, setiap bulan bisa mencapai 1.400 ton.

“Namun ini tidak bisa menjadi acuan ke depan, sebab angka setiap bulannya tidak sama,” katanya, Senin (15/5/2023).

Ia mengatakan, berbagai faktor bisa menyebabkan tingginya produksi sampah, mulai dari sampah rumah tangga dari lingkungan perumahan dan pemukiman penduduk. Hingga sampah yang diproduksi oleh pasar-pasar yang ada.

“Kalau ada libur nasional, itu sampahnya bisa bertambah dari biasanya,” ujarnya.

Meski terbilang cukup tinggi, ia menyebut produksi sampah per April tahun ini menurun daripada tahun sebelumnya.

Hingga April tahun ini, sampah yang berhasil diangkut sebanyak 5.615 ton. Sementara pada tahun 2022, dengan periode yang sama, jumlah sampah yang diangkut sebanyak 6.885 ton.

“Tapi tetap, kami kerahkan 20 kendaraan operasional. Yang 12 kendaraan dump truck dan delapan kendaraan Arm Roll yang mengangkut kontainer sampah menuju TPA. Kendaraan-kendaraan ini bekerja secara mobile. Agar pengangkutan sampah bisa lebih cepat dan tidak ada penumpukan,” tuturnya.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publiaher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Pesantren di Gending Swadaya Perangi Virus Corona

Baca Juga

Jutaan Ubur-ubur ‘Invasi’ Perairan Probolinggo, Jadi Daya Tarik Pengunjung

Probolinggo,- Perairan Probolinggo sejak sepekan yang lalu kembali diserbu jutaan ubur-ubur. Meski dipenuhi ubur-ubur, fenomena …