Berpedoman pada Kitab Mujarabat, Jamaah Aboge Gelar Idul Adha Hari ini

LECES,- Pemerintah dan mayoritas umat Islam di tanah air telah menetapkan salat Idul Adha 1442 H, jatuh pada Selasa (20/07/21). Namun umat islam jamaah Alif Rabu Wage (Aboge) di Kabupaten Probolinggo, tetap salat ied hari ini, Rabu (21/7/21) pagi.

Pantauan PANTURA7.com, jamaah Aboge yang melaksanakan salat ied pagi hari tadi adalah puluhan warga di Dusun Krajan, Desa Leces, Kecamatan Leces. Sebelum jam 7.00 WIB, mereka sudah bertakbir di mushola Al-Barokah, yang berada di depan rumah tokoh agama Aboge, Kiai Buri Mariyah.

Kiai Buri Mariyah menjelaskan, berdasarkan kitab Mujarabat, yakni kitab yang menyelaraskan kalender tahun hijriah dengan primbon Jawa kuno, Hari Raya Idul Adha tahun ini perhitungannya Sar-Pat-Ji, artinya, hari ke 4 dengan neptu (pasaran) 1.

Tanggal 1 Zulhijah dihitung jatuh pada tanggal 12 Juli 2021, sehingga salat ied yang biasa digelar setiap tanggal 10 Zulhijah, jatuh pada tanggal 21 Juli 2021.

“Jika di hitung dari awal bulan Zulhijah maka hari raya Idul Adha 10 Zulhijah jatuh pada hari ini, Rabu Pon. Sehingga umat islam Aboge menggelar salat ied serentak,” kata Buri Mariyah.

Menurut Mariyah, tidak ada perbedaan dalam pelaksanaan salat Idul Adha yang dilaksanakan jamaah Aboge dengan umat Islam lainnya. Salat tetap 2 rakaat dengan bacaan yang sama dengan umat Islam lain.

“Tidak ada yang berbeda, hanya pelaksanaan salat saja yang berselisih satu hari dengan pemerintah. Saat Idul Fitri juga begitu, kita salat sehari setelah penetapan pemerintah,” ujarnya.

Mariyah berharap, kerukunan umat beragama di Kabupaten Probolinggo tetap terjaga, lebih-lebih di masa sulit seperti saat ini. “Mari saling mendoakan agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” ajaknya.

Baca Juga  Sejak Pandemi, Ada 346 Janda-Duda di Probolinggo

Salah satu jamaah Aboge, Sholihin mengatakan, setiap tahun ia sudah terbiasa salat berbeda hari dengan umat Islam lain. Warga sekitar yang kebetulan salat ied lebih dahulu, selalu menghormatinya.

“Meskipun selisih satu hari dengan pemerintah dalam salat Idul Adha, tidak menjadi masalah. Saya berharap pandemi segera berakhir dan penyakit diangkat dari muka bumi oleh Allah SWT,” harapnya.

Untuk menyempurnakan momentum Idul Adha kali ini, jamaah Agobe di Desa Leces memotong 2 ekor hewan qurban, masing-masing seekor sapi dan seekor kambing. Daging qurban lantas dibagikan ke warga sekitar musolla Al-Barokah. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Resmikan Masjid, Polsek Gading Bina Anak Penghafal Alquran

GADING-PANTURA7.com, Masjid Al-Firdaus Asrama Polsek Gading diresmikan, Selasa (6/4/2021). Peresmian tempat ibadah itu disaksikan beberapa …