PPKM Darurat, Satgas Covid Atur Pemotongan Hewan Kurban

PROBOLINGGO,- Selain peniadaan kegiatan salat Idul Adha pada Selasa (20/7/2021) mendatang, karena masih pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat, Satgas Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo juga mengatur pemotongan hewan kurban.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Probolinggo Nomor : 451/472/426.33/2021 tentang PPKM Darurat Covid-19 di tempat ibadah dan pertunjuk pelaksanaan malam takbiran, shalat hari raya idul adha dan petunjuk teknis pelaksanaan kurban.

Koordinator Penegakan Hukum (Gakkum) Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, tentunya harus sesuai dengan syariat islam dan saat penyembelihan hewan kurban selama tiga hari dengan waktu hingga 4-5 jam.

“Juga pemotongan hewan kurban harus di RPH-R (Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia,red) tapi tetap dengan pertimbangan jumlah kapasitas tentunya dan jumlah orang yang hadir juga. Tapi boleh juga dilakukan di luar RPH,” kata Ugas, Selasa (13/7/2021).

Ugas menambahkan, memang boleh pemotongan hewan kurban di luar RPH-R. Hanya saja dengan ketentuan di antaranya, penerapan jaga jarak fisik meliputi pemotongan hewan kurban di area terbuka dan luas, dan melarang kehadiran pihak-pihak selain petugas.

“Jika nantinya hendak mendistribusikan daging hewan kurban dilakukan oleh petugas wajib mengenakan masker rangkap dan sarung tangan untuk meminimalkan kontak fisik dengan penerima dan ketentuan prokes lainnya,” ujar Ugas saat dikonfirmasi.

Hal ini, menurut Ugas, dilakukan mengingat angka pasien Covid-19 di Kabupaten Probolinggo sangat ekstrim dalam beberapa hari terakhir. Sehingga, pihaknya juga harus mengantisipasi adanya lonjakan pasien, tentunya untuk menghindari klaster baru.

“Nantinya Satgas Percepatan Covid-19 di Kabupaten Probolinggo bersama satgas kecamatan dan desa akan memantau seluruh pelaksanaan SE, baik di malam takbiran, waktu penyembelihan hewan kurban ataupun waktu salat Idul Adha,” katanya. (*)

Baca Juga  Bupati Pasuruan Ambruk Saat Hadiri Apel Tagana di Bromo

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …