Terkait Covid-19, Pemkab Probolinggo Larang Wisuda Kelulusan

KRAKSAAN,- Lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo akhir-akhir ini membuat tiga kecamatan masuk dalam zona merah. Terhitung sejak Senin (28/6/2021) total sebanyak 144 warga dirawat usai terkonfirmasi positif Covid-19.

Terkait lonjakan kasus Covid-19, Dinas Pendidikan (Dispendik) mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor : 420/3067/426.101./2021 tentang Larangan Wisuda Lulusan Sekolah. Pertimbangannya menyangkut kemaslahatan dan jaminan kesehatan serta keselamatan khalayak umum khususnya peserta didik.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo, Fathur Rozi mengatakan, sejatinya kegiatan wisuda ada peluang untuk diizinkan. Namun, beberapa hari terakhir peningkatan kasus Covid-19 sangat luar biasa.

“Sampai-sampai di tempat karantina (Hotel Sari Indah Gending) penuh dan bahkan RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Waluyo Jati setiap harinya didatangi 20 sampai 50 orang. Nah peningkatan ini yang jadi pertimbangan kami,” kata Rozi, Selasa (29/6/2021).

Pertimbangan lainnya, lanjut Rozi, ada sekolah di Kabupaten Probolinggo yang menggelar wisuda tanpa menerapkan protokol kesehatan dan lebih parahnya lagi, acara tersebut sampai muncul di media sosial (medsos) Facebook.

“Nah itu makin tidak benar kalau seperti itu kan, akhirnya kami tegur, kan ngerti toh. Sampai akhirnya kami buat surat edaran kalau perayaan wisuda itu dilarang. Untuk sekolah yang dimaksud itu kalau disebutkan sekolah mana kan tidak elok juga,” katanya.

Larangan wisuda, sambung Rozi, semata-mata untuk kebaikan dan kemaslahatan anak-anak didik khususnya masyarakat agar tidak terpapar Covid-19. Sekalipun, wisuda hanya digelar terbatas itu tetap tidak diperbolehkan.

“Kalau semisal tidak melibatkan pihak keluarga hanya peserta wisuda saja, tetap tidak boleh. Karena selain antisipasi penularan dan pencegahan juga timbulnya rasa cemburu. Intinya untuk kemaslahatan,” tutur Rozi saat dihubungi per telepon.(*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Wow, Ada Teroris di MA Zainul Hasan 1 Genggong

Baca Juga

Diikuti Ratusan Pelajar se-Jawa Timur, Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa Berlangsung Meriah

Probolinggo,- Gelaran Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) …