Pandemi, Jasa Jahit Keliling Menguntungkan

KANIGARAN,- Pandemi Covid-19 membuat sendi-sendi kehidupan masyarakat lesu, baik di perkotaan sampai perkampungan. Banyak pelaku usaha kolaps, sehingga angka penganguran berpotensi kian meningkat.

Namun tak sedikit warga yang mengasah kreatifitas dan berusaha lebih keras bekerja demi menyambung hidup ditengah hantaman Covid-19. Salah satunya, seperti yang dilakukan Nanang Qosim.

Ya, sejak pandemi Covid-19 terjadi, jasa jahit busana yang digeluti pria asal Jl. Cokroaminoto, Gang Siam, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, sepi orderan.

Agar tetap mendapat penghasilan, pria berusia (37) tahun itu pun berinisiatif ‘jemput bola’ dengan membuka jasa jahit keliling. Memanfaatkan motor yang ia modifikasi, jasa jahit keliling ini sudah ia lakukan sejak dua pekan terakhir.

Diakui Nanang, selama pandemi penghasiannya menurun drastis karena tidak banyak warga yang mau keluar rumah untuk jahit baju. Padahal, ia dan keluarganya butuh pemasukan guna menopang kebutuhan sehari-hari.

Kerja kerasnya cukup membuahkan hasil. Saat ini, dari hasil jasa jahit keliling ia mampu meraup pendapatan Rp50 hingga Rp100 ribu sekali jalan. Jumlah itu cukup membantunya jika dibandingkan hanya menunggu orderan di rumah.

“Alhamdulillah, selama saya keliling ada pemasukan bahkan lebih besar dibandingkan saat saya membuka jahit dan permak di rumah. Tarif jahit yang saya patok antara Rp5 sampai Rp25 ribu, tergantung tingkat kesulitan,” ujar Nanang, Selasa (29/6/21).

Rute jasa jahit keliling yang ia lalui tidak terlalu jauh dari kediamannya. Meliputi seputaran Jl. Mastrip di Kecamatan Kedopok hingga kawasan Jl. Ketapang di Kecamatan Kademangan.

Setiap hari, ia berangkat mulai pukul 08.00 WIB hingga sekitar 16.00 WIB. Selain permak, Nanang juga menerima jasa penjahitan baju atau celan. Namun jika membuat dari awal, ia membutuhkan waktu minimal 1 hari untuk selesai.

Baca Juga  Asyik Nonton TV, Warga Krucil Dibacok Tetangga

“Saya berharap pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga aktifitas saya dan warga yang lain kembali normal, orderan dapat bertambah,” harap Nanang.(*)

Editor: Efendi Muhamad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …