Sumber Mata Air Umbulan Bakal Ditutup, Lapak Pedagang Dibongkar

WINONGAN – Sebanyak 15 lapak pedagang di Sumber Mata Air Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, dibongkar, Senin (7/6/2021) siang. Pembongkaran dilakukan karena pedagang akan direlokasi ke wisata yang baru, yaitu Umbulan Park.

Camat Winongan, Basmi mengatakan, lapak pedangan dongkar denngan tujuan mensterilkan lokasi sumber mata air Umbulan, agar terjaga kebesihannya. Pertimbangannya, karena sumber mata air Umbulan dimanfaatkan oleh 5 kabupaten dan kota di Jawa Timur.

“Ini kalau airnya sudah bersih, saat dibawa ke lima kabupaten dan kota, maka airnya layak untuk dikonsumsi,” kata Basmi.

Awalnya, pedagang menolak relokasi dengan alasan sudah lama menempati kawasan itu. Namun setelah melalui mediasi alot, para pedagang akhirnya bersedia pindah jualan ke tempat wisata baru, Umbulan Park.

“Nanti pedagang kita bantu untuk membangun (lapak)nya,” janji Basmi.

Kepala Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Wilayah Sungai (WS) Welang Pekalen Pasuruan, Novie Andrianie menjelaskan, pedagang yang direlokasi sementara merupakan pedagang yang jualan di kawasan dalam pemandian.

Sebab menurutnya, air yang berada di dekat lapak pedagang itu merupakan air baku Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan.

“Seharusnya semua, karena masih ada kesulitan negoisasi dengan pedagang, jadi yang direlokasi pedagang yang di dalam dulu,” papar Novi.

Stan yang disiapkan untuk pedagang di wisata baru, sambung Novi, jumlahnya sekitar 46 stan. Jumlah itu sudah surplus jika dibandingkan dengan jumlah total pedagang di Sumber Mata Air Umbulan, yang hanya 42 pedagang.

Rencananya, lanjut Novi, setelah steril Sumber Mata Air Umbulan akan dijadikan wisata edukasi. Namun sebelum SOP (Standart Operational Prosedur) wisata edukasi keluar, kawasan itu akan ditutup sementara.

“Ini kan kita masih berbenah dulu, sambi nunggu SOP wisata edukasinya seperti apa. Karena kan wisata yang baru itu juga harus siap,” jelasnya.

Baca Juga  Bangun Ekonomi Inklusif Berkelanjutan, Pemkab Lumajang Buka Pelatihan Kerja Gratis

Wisata Umbulan Park, papar Novi, merupakan destinasi yang dibangun pemerintah pusat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya, pengelolaannya akan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

“Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui asisten satu menunjuk Camat Winongan yang menjadi koordinator keamanannya. Jadi yang tadinya tidak bertuan sekarang bertuan,” tandas Novi. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …