Wisata Kembali Dibuka, 200an Jeep Banjiri Bromo

SUKAPURA,- Sempat ditutup selama libur lebaran, objek wisata Gunung Bromo kini kembali bisa dinikmati oleh para wisatawan. Tentu saja, kembali dibukanya destinasi wisata internasional ini membuat para pelaku wisata sumringah.

Pemilik jeep wisata bromo, Khoirul Umam mengatakan, sejak wisata Gunung Bromo dibuka awal pekan kemarin, para pelaku wisata ketiban berkah. Jeep bromo mulai kembali menerima ‘order’ dari warga yang ingin menikmti eksotika alam bromo.

Dikatakan Umam, pada hari biasa ada sedikitnya 50 jeep yang lalu-lalang untuk mengantarkan para wisatawan. Namun saat hari libur akhir pekan, jeep yang beroperasi di kawasan bromo biisa diatas 200 jeep.

“Jumlah jeep yang mengantarkan wisatawan tersebut berasal dari 4 pintu masuk, dengan tujuan-tujuan tertentu, seperti ke Bukit Penanjakan 1, kawah Bromo, Bukti Teletubies dan tempat lain,” ujar Umam, Sabtu (29/5/21).

Tarif sewa jeep sekali perjalanan, menurut Umam, Rp400 ribu untuk 2 destinasi dan Rp550 ribu dengan tujuan 4 destinasi. “Destinasi favorit selama ini ya kawah Bromo dan Bukit Penanjakan 1,” bebernya.

Pengunjung saat ini, sambung pria berkacamata ini, masih didominasi oleh wisatawan lokal. Ia menjamin, wisata Gunung Bromo aman meski pandemi Covid-19 belum sepenuhnya terkendali, termasuk di Kabupaten Probolinggo.

“Wisata Gunung Bromo sudah dibuka, kita berharap peraturan pemerintah lebih tegas, tidak seperti penutupan kemarin. Penutupan tersebut sangat mendadak, padahal wilayah Kecamatan Sukapura bukan zona merah,” sungutnya.

Plt. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Novita Kusuma Wardani meminta wisatawan yang hendak berkunjung ke Gunung Bromo, tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai syarat utama masuk kawasan wisata.

Para wisatawan, kata Novita, wajib mengenakan masker, menjaga jarak dan dalam kondisi fit ketika masuk ke kawasan Bromo. Selain itu, mereka harus membeli tiket secara online dan lolos posko cek point, yang didirikan BB TNBTS di 4 pintu masuk Bromo.

Baca Juga  Pertama Dibuka, 470 Wisatawan Kunjungi Bromo

“Wisata Gunung Bromo dibuka dengan jumlah kuota 50 persen dari jumlah kunjungan. Teman-teman yang ingin ke Bromo, tetap patuhi protokol kesehatan,” imbau Novita. (*)

Editor: Efendi Muhamad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …