Harga Cabai Turun, Kedelai Naik

MAYANGAN,- Dua pekan pasca lebaran, harga sejumlah komoditas di Kota Probolinggo cenderung fluktuatif. Cabai rawit mengalami penurunan harga, namun harga kedelai justru sebaliknya.

Pantauan PANTURA7.com di Pasar Baru Jl. Panglima Sudirman Mayangan, Sabtu (29/5/21), harga cabai rawit saat ini Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram (Kg). Padahal sebelumnya harga komoditas bumbu dapur ini Rp 50 ribu/Kg.

Selanjutnya, cabai hijau kecil kini seharga Rp20 ribu/Kg, atau turun 50 persen dari harga lama, Rp50 ribu/Kg. Harga cabai merah besar juga turun, awalnya Rp50 ribu/Kg kini menjari Rp35 ribu/Kg.

Sementara cabai hijau besar yang awalnya dijual pedagang Rp30 ribu/Kg, kini hanya seharga Rp20 ribu/Kg. Anjloknya harga komoditas cabai terjadi sejak 4 hari terakhir ini

“Sejumlah daerah sudah mulai panen, sehingga mempengaruhi harga cabai ini turun. Stok yang dijual ke pedagang dari distributor juga melimpah,” kata salah seorang pedagang di Pasar Baru, Sutiha.

Lain cabai, lain pula kedelai. Harga keledai di Pasar Baru Kota Probolinggo justru melonjak siginifikan. Jika sebelumnya Rp9 ribu/Kg, kini harga bahan baku tempe dan tahu itu Rp12 ribu/Kg.

Kenaikan harga juga terjadi pada kacang hijau. Harga kacang hijau kini terpantau Rp37 ribu/Kg, padahal sebelumnya harga bahan baku kue dan kecambah ini hanya Rp 23 ribu/Kg.

“Selain kedelai, harga kacang hijau juga naik. Harga kedelai ini sudah tinggi sejak sebelum ramadan kemarin, kalau kacang hijau naiknya baru beberapa hari yang lalu,” ujar pedagang kedelai di Pasar Baru, Khomsiah. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  UMK Kota Probolinggo Diusulkan Naik 7,2% Jadi Rp2,5 Juta

Baca Juga

Beras Impor 8.200 Ton Tiba di Probolinggo, Dibongkar di Pelabuhan

Probolinggo,- Ribuan ton beras impor tiba di Dermaga II Terminal Umum, Pelabuhan Delta Artha Bahari …