Pokdarwis-Bumdes ‘Berebut’ Pantai Duta

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pengelolaan wisata Pantai Desa Randutatah (Duta), Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo menjadi ajang perseteruan antara Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat.

Perseteruan terkait peralihan pengelola wisata yang dibuka sejak 2014 silam itu, yang awalnya dikelola Pokdarwis. Kini objek wisata itu diambil alih dan dikelola Bumdes Randutatah sejak awal Desember lalu.

Ketua Pengelola Pantai Duta Abdul Aziz mengatakan, bahwa permasalahan pengalihan pengelolaan ini terjadi pada Senin (1/12/2018) lalu. Sebelumnya pengelolaan objek wisata itu ditangani Pokdarwis.

“Namun, sejak Senin lalu, setelah munculnya Peraturan Desa (Perdes), katanya sih, Bumdes yang bakal mengelola Pantai Duta,” ujar Azis, Rabu (5/12/2018).

Terkait pengambilalihan objek wisata tersebut, kata pria yang juga Ketua Pokdarwis itu, pihaknya akan meminta untuk mempertahankan 17 anggotanya. Soalnya mereka mulai dari awal sudah ikut andil dalam mengelola pantai wisata itu.

“Kami meminta, 17 karyawan yang merintis dari awal atau nol, tetap dipekerjakan di sini, dan nantinya kami juga akan meminta bagian fee sebesar 30% apabila peralihan pengelola itu terjadi,” tambahnya.

Terkait hal ini, Kepala Desa Randutatah, Umi Kulsum menepis anggapan bahwa ada permasalahan antara Bumdes dengan pihak Pokdarwis terkait pengelolaan Pantai Duta.

“Sebenarnya tidak ada apa-apa, cuma ada salah faham saja. Yang di-Perdes-kan itu hanya tempat parkirnya. Jadi untuk parkirnya itu Bumdes yang menangani sekarang,” ucap Umi.

Ditemui di kantor Desa Randutatah, Kades menambahkan, terkait hasil yang diraup, itu masih belum ada titik terang. Sehingga pembagiannya antara pihak Pokdarwis dan Bumdes belum bisa ditemukan.

“Kami akan musyawarahkan terkait ini. Jadi untuk sekarang masih belum kita ketahui untuk pendapatan itu. Tapi ke depan ini tetap akan dikelola oleh Bumdes, karena sudah di-Perdes-kan,” kata Umi. (*)

Baca Juga  Kabar Baik! Polres Probolinggo Rekrut Para Difabel jadi Pegawai

 

 

Penulis: Moh Ahsan Faradies

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …