Pasca Lebaran, Harga Komoditas Dapur Turun-naik

MAYANGAN,- Empat hari setelah lebaran, harga sejumlah komoditas bahan dapur di Pasar Baru Kota Probolinggo mengalami penurunan. Penurunan harga ini diduga terjadi karena stok yang sebelumnya terbatas, kini tersedia kembali.

Pantauan PANTURA7.com pada Senin (17/5/21), salah satu komoditas yang mengalami penurunan harga diantaranya adalah cabai besar. Saat ini harga jual cabai besar atau cabai keriting Rp 35 ribu per kilogram (Kg).

Padahal sebelumnya, harga cabai besar Rp 50/Kg. Lalu cabai rawit saat ini harganya Rp 35 ribu/Kg. Sebelumnya harga jenis cabai ini juga mencapai Rp 50/Kg. Sedangkan harga cabai rawit hijau, Rp 25/Kg, artinya turun hampir 50 persen dari harga lama Rp 40/Kg.

Komoditas lain yang mengalami penurunan harga adalah tomat yang kini Rp 5 ribu/Kg. Sebelumnya, harga tomat Rp6 ribu/Kg. Turunnya harga komoditas cabai dan tomat, menggembirakan para pelaku usaha kuliner dan tentunya ibu-ibu rumah tangga.

Disisi lain, ada juga komoditas dapur yang justru naik harga pasca lebaran. Diantaranya bawang putih yang kini mencapai Rp 24 ribu dari harga sebelumnya Rp 21 ribu/Kg. Kemudian merica kini Rp 90 ribu padahal sebelumnya Rp 60 ribu/Kg.

Sementara komoditas yang harganya tetap, meliputi bawang merah yang kini seharga Rp 25 ribu/Kg dan telur horn yang dijual oleh pedagang Pasar Baru seharga Rp 22 ribu/Kg.

“Meskipun harga sejumlah bahan dapur turun, namun harga di setiap pedagang tidak sama, ada selisih sedikit. Penurunan harga karena pasokan dari distributor banyak, tidak dibatas lagi seperti saat bulan puasa,” kata salah seorang pedagang Pasar Baru, Suliya.

Pedagang lain, Su’eb menuturkan, banyaknya komoditas yang mengalami penurunan harga, otomatis juga mempengaruhi penjualan. Meski begitu, ia tidak berani mengambil barang terlalu banyak khawatir sepi pembeli.

Baca Juga  Cegah Kecurangan, Ratusan UTTP di Pasar Maron Ditera Ulang

“Biasanya mendekati lebaran ketupat pembeli ramai, tapi sampai sekarang masih sepi ini. Untuk antisipasi pembeli dadakan, kita tetap menyediakan komodittas yang dibutuhkan warga,” ujar pedagang asal Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran ini. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …