Nekad Mudik Saat Malam Hari, Puluhan Pemudik Dirapid Tes

SUMBERASIH,- Tim gabungan dari Satlantas Polres Probolinggo Kota, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo dan sejumlah instansi terkait, menggelar razia penyekatan pemudik di Exit Tol Probolinggo Barat, Sabtu (15/04/21) dini hari. Hasilnya, puluhan pemudik terjaring petugas.

Razia penyekatan itu mulai digelar sekitar pukul 00.10 WIB . Kendaraan pribadi yang keluar dari Exit Tol Probolinggo Barat dihentikan paksa lalu diperiksa. Pemeriksaan meliputi surat-surat kendaraan, surat keterangan sehat, serta identitas penumpang.

Dari pemeriksaan itu, diketahui sejumlah pemudik tak dilengkapi surat sehat. Atas hal itu, para pemudik nekad itu lantas digiring ke posko untuk menjalani rapid tes sebagai deteksi dini penularan Covid-19.

Dalam tes rapid ini, jika hasilnya positif, maka pemudik tersebut harus siap dikarantina. Namun jika pemudik menolak untuk menjalani rapid tes, maka mereka harus siap putar balik.

Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah mengatakan, razia penyekatan pemudik dilakukan serentak se Jawa Timur. Razia diprioritaskan berlangsung saat malam atau dini hari, dengan melibatkan instansi terkait lainnya.

“Ini untuk antisipasi pemudik nekat yang memanfaatkan libur panjang dan melakukan perjalanan di malam hari. Dari kegiatan ini diketahui adanya pemudik yang nekat melakukan perjalanan saat malam hari,” ujar AKP Roni.

Menurut AKP Roni, tidak semua kendaraan yang melintas di jalur Tol Trans Jawa itu harus putar balik atau penumpangnya dirapid tes. Pengguna jalan yang melintas dengan membawa surat tugas serta berkepentingan diluar mudik, dipersilahkan melanjutkan perjalanan.

“Razia penyekatan di Exit Tol Probolinggo Barat ini akan kita lakukan secara terus menerus untuk mengantisipasi pemudik yang bandel. Selain itu, penyekatab pemudik juga kita lakukan di jalur non tol, yakni di rest area Tongas,” tandasnya. (*)

Baca Juga  Tempat Nongkrong Digerebek, Belasan Motor Bodong Disita

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Dicurhati PKL Banyubiru, Dewan Segera Panggil Pejabat Disparbud

WINONGAN,- Protes para Pedagang Kaki Lima (PKL) soal penutupan Wisata Alam Banyu Biru, di Desa …