Nekat Takbiran Keliling? Siap-siap Ditindak

PAJARAKAN,- Ratusan personel dari berbagai instansi di Kabupaten Probolinggo dilibatkan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Tim gabungan itu terdiri atas Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP), Kodim 0820 Probolinggo, dan Polres Probolinggo.

Selain pemantauan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) ratusan personel itu nantinya akan menyusuri beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo untuk mengawasi warga yang nekat melakukan takbir keliling pada malam hari, Rabu (12/5/2021).

Total sebanyak 749 personel yang dikerahkan dalam pengamanan malam lebaran. Terinci, 30 perseonel Satpol PP, 313 dari Kodim 0820 Probolinggo dan 406 personel dari Polres Probolinggo.

Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan mengatakan, sehari sebelum lebaran, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tetap berada dan merayakan malam takbiran di rumah bersama keluarganya jika memang tidak ada sesuatu yang mendesak.

“Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan konvoi atau takbiran keliling terlebih lagi dengan menggunakan kendaraan bermotor di malam takbiran,” kata Ferdy, Rabu (12/5/2021).

Hal itu, menurut Ferdy dilakukan, semata-mata demi kesehatan dan kebaikan masyarakat di Kabupaten Probolinggo saat pandemi Covid-19. “Oleh karena itu, pada malam takbiran Polres Probolinggo akan melaksanakan penyekatan dan penindakan,” ujar Ferdy.

Sementara itu, Dandim 0820, Letkol. Inf, Imam Wibowo menyampaikan, agar sekiranya masyarakat pada malam lebaran kali ini tidak melakukan takbiran keliling. Soalnya, banyaknya potensi kerumunan menjadi salah satu penyebabnya.

“Karena varian Covid-19 baik di wilayah Kota ataupun Kabupaten Probolinggo variannya semakin banyak. Oleh karena itu, kami mengharap kerjasama dan pengertian masyarakat untuk membantu kami mengentaskan wabah ini,” tutur Imam Wibowo.

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Penangkapan 3 Jaksa Probolinggo Dipastikan Hoaks

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …