Rawan Penularan Covid-19, Semua Objek Wisata Ditutup

PROBOLINGGO,- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menutup sementara seluruh objek wisata tanpa terkecuali, termasuk objek wisata nasional Gunung Bromo. Hal ini sebagai antisipasi dan upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Ditutupnya sektor wisata di Kabupaten Probolinggo berlaku Kamis-Minggu (13-23/5/2021) mendatang. Mengingat objek wisata menjadi salah satu tempat paling diminati saat liburan lebaran, sehingga kepatuhan protokol kesehatan (prokes) diabaikan.

Sementara itu data pengunjung yang berhasil dirangkum dari Dinas Pemuda Olahraga, Pariwasata dan Kebudayaan (Disporabudpar) Kabupaten Probolinggo sejak empat bulan terakhir, tercatat sebanyak 169. 774 orang.

Total untuk wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 197 orang. Terinci, pada Januari 2021 hanya 4 orang, Februari 0, Maret 74 dan April 119 orang.

Sedangkan untuk wisatawan nusantara (wisnus) pada bulan Januari ada 145.731 orang, Februari 24. 043, Maret 0, April 0.

“Penutupan sementara ini tanpa terkecuali, Pantai Bohay, Giliketapang, dan air terjun di Kecamatan Krucil dan Tiris itu juga ditutup termasuk juga Gunung Bromo,” kata Kepala Disporabudpar Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto, Selasa (11/5/2021).

Oleh karena itu, lanjut Sugeng, untuk kelancaran penutupan sektor wisata, selain dikuatkan SE dari Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari pihaknya juga melibatkan seluruh instansi pemerintah, baik di tingkat kecamatan hingga pemerintah desa ataupun kelurahan.

“Jika masih ada wisata yang buka, kami akan koordinasi untuk sanksinya dengan pihak satgas. Apalagi penutupan ini sudah ada SE (Surat edaran) langsung dari ibu bupati, toh demi kebaikan kita semua,” ungkap Sugeng.

Sekadar informasi, penutupan tempat wisata melalui SE Bupati Probolinggo nomor : 556/356/426.118/2021 tentang penutupan sementara obyek wisata pada liburan hari raya 1442 H dan hari libur nasional di sektor pariwisata pada masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).(*)

Baca Juga  Jelang Nataru, Terminal Bayuangga Akan Mengecek Bus

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …