Masih di Bawah Target 70%, Dinkes Genjot Vaksinasi Lansia

Probolinggo – Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo terus menggenjot vaksinasi pertama hingga keempat baik untuk tenaga kesehatan (nakes), umum dan lansia. Khusus untuk lansia, dilaporkan belum mencapai target 70%, baik vaksin pertama hingga booster.

Hal tersebut disampaikan Plt. Kadinkes dan P2KB, dr. Nurul Hasanah Hidayati. Dikatakan capaian vaksinasi untuk lansia masih di bawah 70%. Terinci, vaksinasi pertama sebesar 68,74%, vaksinasi kedua 54,77%, dan vaksinasi booster 17,55%.

“Belum tercapainya target vaksinasi untuk lansia sebesar 70% ini karena beberapa faktor, di antaranya, para lansia ini enggan divaksin karena merasa sudah uzur, serta banyak lansia yang takut disuntik,” ujarnya, Kamis (8/9/2022).

Dinas Kesehatan sendiri terus berupaya agar capaian vaksinasi untuk lansia ini bisa memenuhi target, salah satunya vaksinasi dengan jemput bola.

Vaksinasi jemput bola yang dilakukan Dinas Kesehatan ini biasanya berbarengan dengan kegiatan lain salah satunya posyandu yang digelar di kelurahan.

Selain itu, petugas juga melakukan jemput bola door to door ke rumah para lansia, agar para lansia ini bisa di vaksin. Namun begitu ada saja kendala di lapangan.

“Dinas Kesehatan juga membuka gerai vaksinasi di kegiatan dan acara yang digelar di Kota Probolinggo, seperti Festival Pendalungan, pasar minggu, hingga gelaran roadrace, yang beberapa waktu di gelar,” imbuhnya.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Seorang Tenaga Kesehatan di RSUD Tongas Terinfeksi Covid-19

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …