Jalan Antar Kecamatan Rusak, Warga Sentong Gotong Royong

KREJENGAN, Warga Desa Sentong, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo akhirnya memilih bergotong royong, Rabu (21/4/2021) malam untuk memperbaiki jalan berlubang. Rusaknya jalan penghubung antar kecamatan itu sempat ramai (viral) diperbincangkan di media sosial (medsos).

Moh. Toyyib, warga setempat mengatakan, perbaikan jalan itu atas inisiatif warga sendiri. Inisiatif itu muncul setelah beredar kabar kondisi jalan itu dikeluhkan warga dan pengguna jalan.

Sehingga, lanjut ia, masyarakat sekitar kemudian memilih bergotong royong menembal jalan berlubang tersebut di malam hari. Sebab, jika perbaikan siang, maka selain menguras tenaga karena mereka berpuasa juga bisa mengganggu arus lalu lintas.

“Tadi malam, langsung warga iuaran untuk membeli barang yang dibutuhkan dan segala macamnya, kemudian dikerjakan bersama-sama. Karena setelah viral kita tunggu respon pihak terkait tidak ada,” kata Toyyib, Kamis (22/4/2021).

Sejatinya, lanjut dia, jalan penghubung dua kecakata, Kraksaan-Gading tersebut sering diperbaiki oleh warga.Bahkan ketika perbaikan selesai dan kembali rusak cara satu-satunya agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas dengan pemasangan rambu-rambu peringatan.

“Ya dengan alat seadanya, kadang kami kasih pohon, baik pohon pisang, dahan dan rating pohon mangga itu, sudah pernah. Meskipun ada yang kecelakaan tapi sejauh ini tidak ada yang sampai meninggal dunia,” tutur dia saat ditemui di rumahnya.

Dalam perbaikan ini, sambung Iip, sapaan akrabnya, berbeda dengan sebelumnya. Sebab, selain semen dan pasir, warga juga berinisiatif memasang besi sebagai penguat, dengan harapan sedikit bertahan lama dengan sebelumnya.

“Kalau sebelumnya, hanya semen dan pasir saja, kadang juga pasir saja jadi kalau hujan tergerus lagi. Kalau sekarang insyaallah bertahan lama, semoga saja cepat direspon dan diperbaiki lebih baik dan layak lagi,” tutup pria dua anak ini. (*)

Baca Juga  Pengiriman Solar Terlambat, Nelayan Probolinggo Kebingungan

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Jangan Mudik! Ada Pos Penyekatan di Tol Paspro

LECES,- Untuk mengantisipasi warga yang nekad mudik saat malam hari, Satlantas Polres Probolinggo melakukan penyekatan …