Karpet Mulai Dicuci di Umbulan, Pertanda Ramadhan Segera Tiba

WINONGAN,- Sumber mata air Umbulan di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, sejak 3 hari terakhir lebih ramai dibandingkan biasanya. Banyak warga berdatangan ke mata air yang menyuplai Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) itu.

Ya, menjelang Bulan Ramadhan, banyak warga di sejumlah wilayah di Pasuruan, ramai-ramai ke mata air Umbulan. Mereka mencuci karpet, sajadah dan tikar atau alas lantai lainnya ke mata air itu.

Salah seorang pengunjung, Makhrus Ali mengatakan, kedatangannya ke sumber mata air Umbulan bukan hendak berpiknik atau berwisata. Ia bersama rekannya datang untuk menjalankan tradisi mencuci semua keperluan ibadah jelang bulan puasa.

“Ini mencuci karpet musholla mas, nyuci karpet disini setiap tauhun menjelang bulan buasa atau menjelang hari raya, kami kesini sekedar mencuci karpet,” kata Makrus kepada PANTURA7.com, Minggu (04/04/2021).

Sementara itu, menurut pemilik warung kopi di sekitar sumber mata air Umbulan, Satimah menuturkan, sudah tiga hari ini sumber mata air Umbulan dipenuhi pengunjung yang akan mencuci karpet.

“Kemarin ada yang mencuci satu truk karpet mas,” katanya menjelaskan.

Menurut Satimah, tradisi mencuci karpet sudah berlangsung bertahun-tahun dan hanya terjadi setahun sekali. Bahkan, sambung Satimah, mereka yang datang mencuci karpet bukan hanya dari desa setempat saja.

“Bukan orang sini saja mas yang mencuci karpet, tapi dari luar daerah seperti Bangil, Grati, Lekok dan Kraton,” ujar Satimah (*)

 

Editor: Efendi Muhamad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Diburu Penghobi Burung, Budidaya Jangkrik ‘Mengerik’

Baca Juga

Budidaya Melon Dalmatian, Bisnis Asyik kala Musim Hujan

KANIGARAN-PANTURA7.com, Musim penghujan benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Hasan Prasojo (39), warga jalan Kyai Ahmad …