Di Ponpes Nurul Jadid, Wakil Ketua KPK: Korupsi Tak Bisa Dimusnahkan

PAITON-PANTURA7.com, Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Jadid, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo kedatangan Wakil Ketua (Waket) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) Nurul Ghufron, Senin (5/4/2021).

Kedatangan pria kelahiran Kabupaten Sumenep, Madura ini sebagai narasumber dalam kuliah tamu dengan tema “Pendidikan Anti Korupsi Sebagai Solusi Generasi Bersih” di gedung rektorat Ponpes Nurul Jadid, dengan peserta terbatas dari kalangan dosen universitas setempat.

Dalam kuliah tamu tersebut, Ghufron mengatakan, kedatangannya ke salah satu ponpes tertua di Kabupaten Probolinggo tersebut dengan tujuan membentuk generasi bersih. Sebab, korupsi di Indonesia itu sangat mustahil dimusnahkan.

“Oleh karenanya, kedatangan kami ke sini tidak mau memberi sesuatu, tapi kami ingin bersinergi dengan Pesantren Nurul Jadid bagi generasi mudanya untuk bersinergi dengan kami dalam memberantas korupsi di Indonesia,” katanya.

Sebab, menurut komisioner KPK periode 2019-2023 ini ada sembilan karakter atau nilai antikorupsi yang hilang. Yakni, jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, adil, berani, sederhana dan kerja keras. Sehingga, perlu sinergitas dengan pesantren.

“Kami menginginkan terwujudnya bentuk kebersihan, karena ada beberapa perilaku mahasiswa yang menjadi bibit koruptif. Seperti mencontek, titip absen, bolos, proposal palsu, gratifikasi dosen dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pendidikan antikorupsi sangat penting ditanamkan sejak dini. Sasarannya pelajar atau satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat. Dimulai dari nilai-nilai luhur antikorupsi sampai berperilaku atau berkarakter.

“Kami harap jebolan atau pun alumni Ponpes Nurul Jadid mampu bersinergi bersama KPK dalam memberantas korupsi. Dan juga diharapkan pesantren ini menjadi pesantren bersih,” tutur mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Selisih Dua Hari, Jemaah Aboge Probolinggo Rayakan Idul Fitri Jumat

Baca Juga

Prediksi Baznas Kabupaten Probolinggo, Beras Zakat Fitrah Bakal Tembus 22 Ton

Probolinggo,- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo terus membuka pintu bagi warga muslim yang …