Pasca Bom Bunuh Diri, Paskah di Gereja Kraksaan Diharapkan Aman

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Adanya teror bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan tak membuat jemaat di Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo khawatir. Meski begitu, kewaspadaan tetap sangat diperlukan.

Biro Umum Gereja Santo Paulus, Kecamatan Kraksaan, Stevanus Zein mengatakan, meski akan menggelar hari Paskah dirinya meyakini di Kabupaten Probolinggo hubungan sosial antara umat beragama sangat terjalin baik dan saling menjaga.

“Termasuk juga hubungan baik antara umat Nasrani dengan warga sekitar. Sehingga kemungkinan terjadi aksi terorisme serupa sangatlah minim bahkan bisa dibilang tidak mungkin. Semoga tidak ada,” kata Zein, Kamis (01/4/2021).

Meski begitu, Zein mengaku kalau saat perayaan misa Jumat Agung besok, pihaknya tetap meningkatkan kewaspadaan. Selain diamankan Polres Probolinggo, pihaknya juga mempersiapkan tim pengamanan khusus gereja.

“Tim ini nantinya berjaga untuk memastikan keamanan. Mereka berjaga di depan untuk memantau para jemaat yang datang. Jika salah satu jemaat tersebut merupakan warga sekitar dan sudah kenal, maka dipersilakan masuk,” ungkap Zein.

Begitupun sebaliknya, sambung dia, jika terdapat jemaat orang asing, pihaknya tetap menggunakan rasa sopan santun dengan menanyakan terlebih dahulu identitasnya serta kepentingannya memasuki gereja saat hari Paskah.

“Kami (Tim khusus) tanyakan dulu kepentingannya, dan juga bakal diperiksa semua barang bawaannya. Kalau bersih dipersilakan masuk, kami juga sudah memberitahu pihak kepolisian dalam perayaan hari Paskah nanti,” tutur Zein saat ditemui di gereja.

Serangan teror di gereja beberapa hari lalu, menurut dia, para jemaatnya sama sekali tidak mengkhawatirkan hal tersebut. Seperti halnya, setelah berita tersebut muncul ,tak satupun jemaat datang untuk mencurahkan kerisauannya.

“Yang terpenting antisipasi dan waspada saja. Tidak hanya bagi kami saja, semoga di Kabupaten Probolinggo tidak ada serangan seperti itu (bom bunuh diri),” ucap Zein mengakhiri.(*)

Baca Juga  Bandar Narkoba Asal Sidoarjo dan Kurirnya Diringkus Polisi

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah


 

Baca Juga

Butuh Uang untuk Hadiri Pernikahan di Jakarta, Pemuda di Lumajang Nekad Curi Motor

Lumajang,- Pemuda di Lumajang dengan inisial V (21), nekad mencuri motor dengan dalih untuk biaya …