TINJAU: Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo.(foto: Hafiz Rozani)

Banyak Timbangan ‘Kodok’ Tak Layak, Pemkot Probolinggo Gelar Tera Ulang

KADEMANGAN,- Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo, menggelar tes tera timbangan pedagang di Pasar Ketapang, Kecamatan Kademangan, Selasa pagi (30/03/21). Tes ini yang pertama sejak 2016 silam.

Kabid Perdagangan DKUPP Kota Probolinggo, Noor Aly menjelaskan, sedikitnya ada 80 timbangan kodok milik pedagang yang ditera ulang. Dalam tes itu, DKUPP melibatkan petugas pengukur serta pihak ketiga sebagai tim reparasi timbangan.

“Selain untuk kembali mengembalikan pakem ukuran timbangan, juga untuk memberi rasa percaya kepada konsumen.Diharapkan dengan sering dilakukannya tes tera ini, Kota Probolinggo menjadi daerah tertip ukur,” ujar Noor Aly.

Ia menjelaskan, tera ulang timbangan dilakukan dengan 3 tahap. Yakni penyesuaian berat timbangan, kalibrasi anak timbangan, hingga reparasi timbangan. Namun rata-rata, sambungnya, timbangan milik pedagang hanya perlu direparasi.

“Untuk reparasi timbangan ini dikenakan biaya mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu sekali layanan,” tandas dia.

Tera ulang itu, menurut Noor Aly, diawali banyak laporan bahwa timbangan milik pedagang mayoritas yang sudah tidak sesuai. “Sehingga harus dilakukan pengukuran ulang sampai pada reparasi timbangan,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang bernama Mujali mengaku, cukup terbantu dengan tes tera yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui DKUPP. Sebab timbangannya kini sudah sesuai dengan pakem awal.

“Memang para pedagang di Pasar Ketapang menunggu tes tera ini, agar mendapatkan kembali kepercayaan dari konsumen. Saya berharap semacam tes ini bisa sering dilakukan,” harap pedagang asal Kelurahan Triwung Kidul ini. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : Albafillah


 

Baca Juga  Sempat Menipis, Stok Darah AB dan B di PMI Kembali Normal

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …