Ingin Sehat, Ratusan Lansia Kota Probolinggo Ikuti Vaksinasi Massal

KADEMANGAN,- Sebanyak 486 warga lanjut usia (lansia) se Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, mengikuti vaksinasi di Puskesmas Ketapang, Senin (29/03/21) pagi. Vaksinasi berlangsung selama 3 hari, mulai hari ini hingga Rabu (31/3/21)

Kepala Puskesmas dr. Diah Pusporini mengatakan, meski sudah berusia diatas 60 tahun, namun para lansia tetap antusias mengikuti vaksinasi. Hal itu terlihat dari menyemutnya lansia di ruang pendaftaran dan ruang tunggu observasi pasca vaksin.

“Lansia yang masuk dalam vaksinasi ini cukup antusias, itu terlihat dari penuhnya ruang tunggu. Bagi lansia yang tidak dapat datang ke puskesmas, kita siapkan layanan antar jemput,” ujar Diah.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, dr. Nurul Hasanah Hidayati mengungkapkan, sasaran vaksinasi bagi lansia di kota Probolinggo seluruhnya 27.250 orang. Saat ini, jumlah pendaftar vaksin sudah mencapai 25.782 orang.

“Lansia yang sudah terdata ini akan disuntik vaksin di 6 puskesmas, dan sejumlah faskes swasta di Kota Probolinggo, ini dilakukan agar proses vaksinasi para lansia bisa berjalan lebih cepat,” paparnya.

Dijelaskan dr. Ida, sapaan akrabnya, vaksinasi untuk lansia dilakukan bertahap, karena vaksin yang tersedia saat ini baru 3.500 dosis, sembari menunggu tambahan vaksin datang.

Ia menambahkan, 3500 vaksin untuk lansia ini tersebar di setiap puskesmas. Rinciannya, di Puskesmas Kedopok 500 dosis, Puskesmas Kanigaran 840 dosis, Puskesmas Wonoasih 700 dosis.

“Lalu di Puskesmas Jati 530 dosis, Puskesmas Sukabumi 330 dosis, serta Puskesmas Ketapang 600 dosis,” dr Ida menjabarkan.

Adapun sasaran vaksin, tuturnya, pertama bagi lansia calon jamaah haji dengan jumlah 50 orang, dan sisanya untuk lansia kategori lainnya.

Diharapkan, vaksinasi ini dapat menekan angka warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Meski demikian, protokol kesehatan harus tetap dilakukan,” pesan dia.

Baca Juga  Bromo Ditutup, Okupansi Hotel di Kota Probolinggo 15%

Salah satu peserta suntik vaksin, Endang Yuli Astuti mengatakan, ia tidak takut sama sekali untuk ikut vaksinasi. Bahkan saat disuntik vaksin, ia tidak merasakan sakit apapun.

“Saya ikut vaksinasi ini karena saya ingin sehat, karena itu saya datang ke puskesmas. Saya harap, warga yang sudah lansia, segera ikut vaksin biar sehat,” beber warga Kelurahan Triwung Kidul ini. (*)

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …