Kunker di Jatim, Presiden Jokowi Bakal Resmikan SPAM Umbulan

PASURUAN-PANTURA7.com, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja (kunker) di Jawa Timur, Senin (22/3/21) besok. Ada tiga titik yang rencananya bakal dikunjungi oleh orang nomor 1 di Indonesia itu.

Tiga titik itu meliputi vaksinasi massal di pendopo Kabupaten Sidoarjo, peresmian proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan, serta peninjauan vaksinasi di Kabupaten Jombang.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Minggu (21/3/21), meninjau ketiga lokasi, ditemani kepala daerah masing-masing.

“Tadi pak Kapolda dan Pangdam sudah ke Umbulan, kebetulan saya yang mendampingi sama pak Kapolres dan pak Dandim,” kata Wakil Bupati Pasuruan, KH. Abdul Mujib Imron.

Peoyek SPAM Umbulan telah diinisiasi sejak 40 tahun lalu dan dimulai pembangunannya pada 2017, melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha antara pemerintah dan PT Metha Adhya Tirta Umbulan selaku pemenang lelang, sekaligus badan usaha pelaksana.

Proyek ini menelan investasi Rp2,05 triliun, dengan besaran dukungan kelayakan atau viability gap fund dari pemerintah senilai Rp818 miliar.

Sejauh ini, proyek SPAM Umbulan merupakan proyek air minum dengan kapasitas terbesar, yakni 4.000 liter per detik. Kapasitas sebesar itu cukup untuk melayani 310.000 sambungan pelanggan atau setara 1,30 juta jiwa. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Albafillah


Baca Juga  Sosialisasikan Program Vaksinasi Covid-19, Anisah Syakur; Masyarakat Rindu Kehidupan Normal

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …