Lahan Pasar Tak Cukup, PKL Boleh Berjualan di Jalur Pantura

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang jalur pantura Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo rupanya tidak berjalan mulus. Sehingga saat ini para PKL justru malah diperbolehkan kembali berjualan di bahu jalan.

Kasi Operasi dan Pengendalian (Opsdal) Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kabupaten Probolinggo, Masyhudi mengatakan, diperbolehkan para PKL berjualan di bahu jalan jalur pantura tak lepas dari lahan Pasar Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan tak cukup.

“Ternyata setelah kami koordinasikan dengan pihak pasar, lahan yang dijadikan lokasi para PKL berjualan tidak cukup. Sejak dirazia kemarin ada beberapa PKL sudah masuk ke lahan pasar tapi tidak keseluruhan, ya sekitar 10 PKL,” katanya, Minggu (21/3/2021).

Meski pihaknya sudah memperbolehkan para PKL kembali berjualan di jalur pantura, lanjut Masyhudi, namun ada titik batasan yang diperbolehkan dijadikan lahan jualannya. Yaitu, di bahu jalan sebelah timur Pos Lalu Lintas (Lantas) Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan.

“Ke timur pos lantas itu boleh mereka (PKL) berjualan. Kalau ke barat pos lantas itu tetap tidak kami perbolehkan, tapi diperbolehkan berjualan di bahu jalan jalur pantura ini hanya bersifat sementara saja mengingat lahan pasar tidak cukup,” kata Hudi, panggilan akrab Masyhudi.

Untuk sementara, terkait lahan di Pasar Kebonagung, Hudi mengaku, akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo perihal penempatan para PKL ataupun solusi selain di Pasar Kebonagung.

“Bertahap dulu, kami awali memantau para PKL untuk memastikan berjualan di sebelah timur pos lantas, baru dilanjutkan koordinasi lahan. Siapa tahu ada opsi tempat lain yang disarankan nantinya oleh Disperindag,” tutup Hudi melaui sambungan selular.(*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  MPP Dringu Digeledah KPK, Pemohon Layanan Gigit Jari

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …