Pekan Depan, Wisata Bromo Ditutup Sehari

SUKAPURA-PANTURA7.com, Wisata alam Gunung Bromo bakal ditutup sehari oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). Penutupan objek wisata nasional itu dilakukan seiring perayaan Nyepi di kawasan Bromo.

Kepala Seksi Pengelolaan Wisata Wilayah 1 BB TNBTS, Sarmin menjelaskan, Hari Raya Nyepi tahun 2021 ini jatuh pada tanggal 15 maret 2021. Berdasarkan hasil rapat BB TNBTS dengan tokoh masyarakat, pelaku wisata dan Muspika, disepakati wisata Bromo ditutup selama Hari Nyepi.

Penutupan itu, dijelaskan Sarmin, berlaku mulai Minggu, tanggal 14 Maret 2021 pukul 00.00 WIB hingga Senin, tanggal 15 pukul 06.00 WIB.

“Mulai tanggal 14 hingga 15 maret, empat pintu masuk menuju Gunung Bromo akan di tutup. Hal ini sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan sejumlah pihak. Selama penutupan, empat 4 pintu masuk ini akan dijaga oleh petugas,” ujar Sarmin, Sabtu (6/3/2021).

Sebelum ditutup, sambung Sarmin, BB TNBTS akan mensosialisasikan kebijakan itu secara masif. “Baik melalui media sosial maupun melalui pelaku wisata, pemilik hotel dan penginapan serta pemandu wisata di kawasan,” tandasnya.

Camat Sukapura Rahmad Widiharto, membenarkan penutupan kawasan wisata Bromo. Hal itu, jelas Rahmad, demi menjaga situasi agar ritual Nyepi umat Hindu tengger berlangsung khidmat.

“Dengan penutupan ini, warga hindu Suku Tenngger diharapkan dapat menjalankan ibadah Nyepi dengan khitmat dan tidak terganggu,” terang Rahmad.

Agar tidak ada wisatawan yang nekat naik menuju Gunung Bromo, petugas gabungan dari TNI/Polri, Jogoboyo, dan warga, tuturr Rahmad, akan melukan penyekatan akses jalan di Desa Wonokerto, seperti tahun sebelumnya.

“Nantinya petugas gabungan akan berjaga untuk antisipasi ada wisatawan yang nekat naik ke Gunung Bromo saat Nyepi. Sehingga umat Hindu bisa beribadah tanpa gangguang wisatawan dan lalu lalang Kendaraan,” pungkas dia. (*)

Baca Juga  Nganggur, 2 Remaja Edarkan Koplo

Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

TWSL Masih Jadi Wisata Favorit Libur Lebaran di Probolinggo

Probolinggo,- Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo masih menjadi tempat favorit warga pada libur …