Puluhan wisatawan yang mengunjungi Gunung Bromo. (Foto : Rahmad Soleh)

Sehari Ditutup, Jalur Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Akses menuju kawasan wisata Gunung Bromo kembali dibuka, pada Jum’at (8/3/2019) pukul 5.00 WIB. Pembukaan ini dilakukan seiring usainya perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941, yang dilakukan oleh umat Hindu di lereng Bromo.

Sebelumnya, akses menuju Gunung Bromo ditutup sejak Kamis (7/3/2019) pukul 5.00 WIB. Penutupan dilakukan agar Suku Tengger yang mayoritas menganut agama Hindu, tak terganggu selama Nyepi. Penutupan dijaga oleh ratusan pecalang dan Muspika setempat.

“Pelaksanaan Nyepi di Sukapura berlangsung aman, tenang, hikmat, damai dan lancar. Pagi ini akses wisata Gunung Bromo telah dibuka kembali, wisata berjalan normal kembali,” kata Camat Sukapura, Yulius Christian.

Suasana keramaian di jalur wisata Gunung Bromo. (Foto : Yulius Christian for P7.com).

Pasca penutupan selama 1×24 jam atau sehari semalam, kawasan wisata dari semua pintu masuk wisata, yakni via jalur Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Malang dan Pasuruan kembali ramai dilalui wisatawan. Wisatawan kembali dapat menikmati gunung eksotik itu.

“Aktivitas warga dam wisatawan kembali normal. Jalur menuju Bromo di sepanjang Kecamatan Sukapura hingga lautan pasir dan arah sebaliknya, kembali ramai,” papar Yulius.

Tak hanya aktifitas wisata, warga juga sudah kembali bercocok tanam di lahan pertaniannya, yang ditanami kubis, kentang dan bawang pring. Begitu pula aktivitas jual beli di Pasar Sukapura maupun di toko kelontong milik warga, yang sudah kembali normal.

“Kemarin kami tapabrata, tidak boleh keluar rumah. Sekarang kembali berjualan di pasar, boleh bekerja dan boleh beraktifitas dikuar rumah,” kata salah satu warga Suku Tengger, Waluyo. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Gempa Robohkan Rumah Janda Lanjut Usia di Condong

Baca Juga

Liburan Usai, Dua Destinasi Banyubiru di Pasuruan Masih Membludak

Pasuruan,- Ribuan wisatawan memadati dua objek wisata di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan pada …