Plengsengan Sungai Pancarglagas Dipasang Penangkis

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Plengsengan di Sungai Pancarglagas di Desa Sindetlami, Kecamatan Besuk dan Desa Glagah, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo telah dipasang penangkis. Pemasangan penangkis itu bersifat sementara hingga plengsengan diperbaiki.

Pemasangan penangkis sejatinya sudah dilakukan sejak Minggu (31/1/2021). Namun saat itu masih jebol sebab penangkis awal hanya dari pasir dan batu yang dibungkus karung tak kuat menahan arus aliaran sungai tersebut.

Sehingga, Senin (1/2/2021), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Besuk-Pakuniran memutuskan untuk kembali memasang penangkis sementara yang berbeda bahan dibandingkan sebelumnya.

“Kalau yang sebelumnya hanya karung berisi batu dan pasir saja, karena bersifat sementara. Tapi setelah selesai dipasang malah jebol lagi sehingga penangkis kedua memakai bronjong atau batu yang diikat kawat,” kata Camat Pakuniran, Hari Pribadi.

Pemasangan beronjong tersebut, menurut Hari, diharapkan mampu menahan aliran sungai, mengingat beberapa hari terakhir hujan dengan intensitas sedang-tinggi terus turun. Sehingga jika beronjong penutup plengsengan masih jebol jalan satu-satunya membuat saluran air baru.

“Tapi kami kira untuk penangkis dari beronjong ini masih kuat karena batu sudah diikat kawat. Kalau sebelumnya hanya pasir dan batu yang dibungkus karung, jika masih jebol mau tidak mau Dinas Pengairan Provinsi Jatim harus membuatkan saluran baru,” ungkap Hari.

Diketahui sebelumnya, jebolnya plengsengan sungai terjadi Kamis (28/1/2021) siang. Sebelumnya, warga sudah menutup plengsengan tersebut dengan kayu dan karung berisi pasir. Namun karena arus air sungai terlalu besar membuat plengsengan ambrol.

Sebagai antisipasi melebarnya jebolan tersebut, muspika dari Kecamatan Pakuniran-Besuk terpaksa menutup dua akses jalan, Jumat (29/1/2021) lalu dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Sedangkan untuk roda empat atau lebih harus memutar arah. (*)

Baca Juga  WAW, Cara Mengembangkan Kelestarian Hutan dan Satwa di Lereng Argopuro

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …