Plengsengan Jebol, Jalan Pakuniran – Besuk Ditutup

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jebolnya plengsengan di aliran Sungai Pancarglagas mengakibatkan akses jalan Pakuniran- Besuk ditutup. Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Pakuniran dan Besuk sepakat untuk menutup jalan yang menghubungkan dua kecamatan itu.

Camat Pakuniran, Hari Pribadi mengatakan, plengsengan yang jebol sejatinya berada di perbatasan antara Desa Glagah, Kecamatan Pakuniran dengan Desa Sindetlami, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. Sedangkan aliran sungai berasal dari Kecamatan Besuk.

“Setelah mendatangi lokasi kejadian bersama dengan pihak Kecamatan Besuk, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan pihak pengairan Kabupaten Probolinggo, diketahui plengsengan yang jebol itu wewenang provinsi,” kata Hari, Jumat (29/1/2021).

Sehingga, lanjut Hari, sebagai antisipasi agar plengesengan yang jebol tidak semakin melebar, dibuatkan penangkis sementara. Hal itu sesuai kesepakatan bersama BPBD Kabupaten Probolinggo.

“Insyaallah penangkisnya akan dipasang Senin (1/2/2021) depan. Kemudian langkah selanjutnya akan dibangun oleh PU Pengairan Provinsi (Jatim) juga dalam waktu dekat ini, tapi tidak bisa dipastikan waktunya,” ujar Hari.

Selain membuat penangkis di plengsengan tersebut, pihaknya juga menutup akses jalur dari Kecamatan Pakuniran dan Kecamatan Besuk agar tidak dilalui kendaraan roda empat atau lebih yang bermuatan.

“Ditutup untuk kendaraan roda empat atau lebih, kalau untuk roda dua tidak apa-apa. Karena kami khawatir jebolnya makin melebar sampai ke jalan. Dari kepolisian juga sudah memasang police line agar tidak didekati oleh warga,” tutur Hari.

Diketahui sebelumnya, jebolnya plengsengan sungai terjadi Kamis (28/1/2021) siang kemarin. Sebelumnya, warga sudah menutup plengsengan tersebut dengan kayu dan karung berisi pasir. Namun karena arus air sungai terlalu besar membuat plengsengan ambrol. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Meresahkan! Anjal Cegat Truk, Ganggu Pengguna Jalan

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …