Ribuan Botol Sinovac Tiba di Probolinggo, Vaksinasi Dipercepat

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sebanyak 3.000 botol vaksin dikirim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), Senin (25/1/2021). Saat ini kiriman vaksin tersebut masih dalam perjalanan menuju gudang farmasi Kabupaten Probolinggo.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, jadwal pengiriman vaksin untuk wilayah Kota/Kabupaten Probolinggo awalnya akan dikirim Selasa (26/1/2021) besok.

“Akan tetapi, tadi kami dapat informasi kalau pengiriman vaksin itu sekarang untuk wilayah Pasuruan, Banyuwangi, Lumajang, Jember dan Kabupaten dan Kota Probolinggo. Tapi pengiriman ini tetap bertahap,” kata dr. Viro, panggilan akrab dr. Dewi Vironica saat dikonfirmasi via selular.

Berhubung 3.000 botol vaksin itu sudah dikirim , lanjut dr. Viro, sehingga jadwal penyuntikan antibodi tersebut juga dipercepat. Soalnya, vaksinator 39 Puskesmas di Kabupaten Probolinggo sudah siap.

“Lebih cepat lebih baik, insyaallah Senin (1/2/2021) depan sudah mulai penyuntikannya untuk para nakes (tenaga kesehatan). Tapi untuk 3.000 dosis ini diperkirakan paling hanya separo nakes,” ungkap perempuan asal Kota Balikpapan ini.

Sedangkan untuk pendistribusian vaksin ke puskesmas di Kabupaten Probolinggo, kata dr. Viro akan dilakukan paling lambat Selasa hingga Rabu (27/1/2021) dari gudang farmasi. “Insyaallah untuk pendistribusian dilakukan besok,” tutup dia.

Sekadar informasi, sebanyak 3.626 nakes, disusul 1.652 petugas pelayan publik akan divaksin sebagai kelompok prioritas. Meski begitu, dalam vaksinisasi tersebut, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo tak menjamin warga aman dari virus jika tak mematuhi protokol kesehatan. (*)


Editor :Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Bumbu dan Sayur Turun, Daging Ayam Broiler Naik

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …