Pilkades 2021 Tahap Pertama di Probolinggo Dimulai

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) untuk tahap pertama sebanyak 62 desa mulai digelindingkan. Kini masih tahap persiapan pembentukan panitia dan penghitungan kebutuhan anggaran.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo, Edy Suryanto mengatakan, tahapan pilkades untuk “kloter” pertama dimulai sejak awal 2021. Tepatnya dari Januari hingga Mei mendatang.

“Saat ini, masih dalam tahap persiapan pembentukan panitia pilkades serta mengakumulasi kebutuhan anggaran dana selama pelaksanaan. Banyak persiapan yang harus segera diselesaikan pada awal bulan ini. Terutama soal anggaran,” kata Edy, Senin (18/1/2021).

Sebab, lanjut Edy, anggaran pilkades pada Minggu (2/5/2021) mendatang itu, berbeda dari konsep awal. Sehingga anggaran dana juga mengalami perubahan dan tentunya lebih besar dari sebelumnya yang telah diajukan.

Perubahan anggaran itu, menurut dia, dari bertambahnya jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di masing-masing desa. Awalnya TPS ditetapkan sebanyak 62 TPS pada 62 desa. Sedangkan saat ini diputuskan bertambah menjadi 490 TPS.

“Penambahan TPS itu berdasarkan kebijakan dari SE kementrian atas pelaksanaan pilkades tahun ini. Ditetapkan setiap TPS maksimal menampung 500 pemilih. Sehingga dimungkinkan setiap desa lebih dari satu TPS. Untuk anggaran masih belum bisa kami sebut,” ujarnya.

Selain itu pilkades kali ini dilaksanakan di tengah-tengah masa pandemi Covid-19. Sehingga pihaknya perlu untuk kerja lebih ekstra dan menyiapkan segala kebutuhan protokol kesehatan (prokes) sesuai kebijakan yang ada di masing-masing TPS.

“Karena masa pandemi ini, jadi ditetapkan maksimal 500 pemilih dalam satu TPS. Agar tidak berkerumun dan mudah diatur oleh masing-masing panitia di desa,” tutup Edy saat ditemui di ruang Jabung 1 Gedung Pemkab Probolinggo. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Musim Tanam, Harga Tembakau Belum Jelas

Baca Juga

Kadisperta Pensiun, Kekosongan Jabatan Eselon II Pemkab Probolinggo Bertambah

Probolinggo,- Jumlah kekosongan pejabat eselon II di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali bertambah. Hal ini …