GADING-PANTURA7.com, Rehabilitasi Pasar Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Proboliggo yang tertunda pada 2020 dipastikan digarap pada 2021. Tertundanya rehabilitasi pasar tersebut terkait refocusing anggaran karena pandemi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Taufiq Alami mengatakan, proses rehab Pasar Condong tidak akan jauh berbeda dengan rehab pasar lainnya.

“Dalam proses pengajuan untuk dananya (rehabilitasi), konsep revitalisasinya akan dilakukan pada bedak los seperti yang dilakukan di Pasar Patalan, Wonomerto. Intinya konsepnya tidak akan jauh beda dengan pasar lainnya,” kata Taufiq, Rabu (13/1/2021).

Sementara untuk anggaran rehab Pasar Condong, kata Taufiq, sebesar Rp1 miliar. Sedangkan untuk sumber anggarannya berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU). Yang jelas, dana tersebut masih dalam tahap pengajuan.

“Karena dalam proses pengajuan, dana tersebut masih belum dapat dipastikan, masih ada kemungkinan dananya akan berkurang, dan juga bisa lebih atau bertambah. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan bagi pedagang dan pembeli di pasar,” ujarnya.

Untuk jadwal pengerjaannya, sambung Taufiq, kegiatan rehab direncanakan mulai triwulan ketiga tahun 2021. Sehingga tidak mengganggu aktivitas pasar pada saat bulan Ramadhan atau pun menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Karena kalau Ramadhan itu kan biasanya pedagang sangat berharap dagangannya itu lancar, agar bisa dijadikan persiapan lebaran. Jadi pengerjaannya setelah itu, atau pada triwulan ketiga. Ya kami berharap setelah diperbaiki, kebersihan pasar dijaga,” tutur mantan Camat Gading ini. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Dua ABG Dipalak Saat ‘Indehoy’ di Bukit Bentar, Pelaku Ngaku Polisi