SIDOARJO-PANTURA7.com, Sebanyak empat ribu vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Sidoarjo, Rabu (13/01/2021) siang. Vaksin virus corona buatan Sinovac tersebut langsung disimpan di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) di Jalan Mayjen Sungkono.

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo drg. Syaf Satriawarman menuturkan, hari ini vaksin yang datang berjumlah 4.000 vaksin. Ribuan vaksin itu dikirim dari kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

“Untuk tahap pertama ini, sejatinya kita mendapat jatah 8.720, namun yang saat ini yang datang masih 4.000 vaksin, karena ruang peyimpanan kita terbatas,” terang Syaf.

Syaf mengatakan, vaksinasi perdana akan dilakukan kepada sepuluh orang pejabat yang rencananya digelar di RSUD Sidoarjo, Jumat (15/01/2021). Mereka diantaranya Pj Bupati Sidoarjo, Kapolresta, Komandan Kodim dan sejumlah pejabat utama lain, termasuk Syaf.

“Tenaga kesehatan di Sidoarjo akan divaksin sekitar seminggu kedepan,”  Syaf menegaskan.

Jatah vaksin tahap pertama sebanyak 8.720 untuk Kabupaten Sidoarjo, menurut Syaf, sejatinya tidak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan seumlah total 11.200 yang tersebar di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Kota Delta.

“Nanti kita akan mintakan tambahan vaksin. Provinsi (Jawa Timur) sudah mengetahui kok, berapa kebutuhan kita,” imbuh dia.

Syaf menambahkan, vaksin tahap kedua diperkirakan akan datang pada Mei atau Juni 2021. Vaksin tahap kedua tersebut diperuntukkan bagi pejabat Pemkab Sidoarjo, Personel Polres Sidoarjo dan TNI.

“Sedangkan masyarakat umum akan mendapat jatah vaksin tahap ketiga yang diperkiran akan datang pada bulan Oktober 2021,” ia memungkasi. (*)


Editor: Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT


Baca Juga  MUI: Vaksin Sinovac Halal dan Suci