KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Probolinggo belum memiliki Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah. Keempat wilayah tersebut secara otomatis belum terlayani armada pengangkut sampah.

Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Zaenal Anshori mengatakan, keempat wilayah yang belum terdapat TPS itu, berada di wilayah atas. Yaitu, Kecamatan Krucil, Tiris, Sumber, dan Kuripan.

Selama ini, kata Zaenal, keempat wilayah itu hanya mampu diasupi pengarahan dan bimbingan saja. Di antaranya dengan adanya Kampung Iklim dan Bank Sampah. Akan tetapi pendampingan itu masih belum sepenuhnya maksimal.

“Sementara empat kecamatan itu yang belum ada. Kecamatan lainnya sudah dilengkapi TPS semua. Karena tidak ada TPS jadi armada tidak mengangkut sampah dari sana,” kata Zaenal, Rabu (13/1/2021).

Tidak adanya TPS di wilayah tersebut, menurut Zaenal, lantaran belum ada tempat yang tepat untuk didirikan TPS. Sehingga, lanjut dia, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari masing-masing kecamatan untuk segera menyediakan tempat agar nantinya bisa segera dibangun.

Jika tidak, sambung Zaenal, pihaknya sudah menyiapkan opsi lain. Yaitu dengan dipasang bak truk ukuran enam kubik di masing-masing kecamatan. Sehingga tidak perlu dibangun TPS sebagaimana di kecamatan lain.

“Nanti dengan bak truk itu, tinggal diangkut terus ganti baru setiap harinya oleh tim armada dan tinggal perawatan baknya saja dan tahun ini akan segera kami penuhi. Dengan begitu seluruh kecamatan terlayani,” ujar pria asal Kecamatan Pajarakan itu.

Sekadar informasi, untuk menanggulangi penyebaran sampah liar, DLH Kabupaten Probolinggo mendatangkan kontainer sampah. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 61 kontainer sampah didatangkan melalui dana pinjaman sebesar Rp2 miliar. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Melalui Jejak Kaki, Curwan Digagalkan