Tahun 2021, WhatsApp Tidak Bisa Diakses di HP Tertentu

PASURUAN-PANTURA7.com, WhatsApp melakukan pembaruan pada sistem operasi Android atau iOS. Imbasnya, mulai tanggal 1 Januari 2021, aplikasi pesan WhatsApp (WA) tidak bisa diakses melalui beberapa jenis ponsel.

Seperti dilansir dari whatsapp.com, persyaratan minimum adalah OS Android 4.0.3 atau yang lebih baru, kemudian “Paket data Internet yang tidak terbatas disarankan, perangkat tablet tidak didukung,” begitu kutipan dari persyaratan umum WhatsApp.

Dengan kebijakan itu, para pengguna Android yang tidak kompatibel harus melakukan upgrade ke Android 4.0.3 agar bisa terus menggunakan WhatsApp. Sementara pengguna IOS harus menjalankan iOS 9 atau yang lebih baru.

Walaupun demikian, ada sistem Android yang tidak bisa melakukan upgrade sehingga aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan lagi.

Dengan begitu, pengguna ponsel pintar yang tidak lagi mendukung penggunaan WhatsApp dan tidak bisa upgrade ke versi sistem operasi yang mendukung, harus mengganti ponsel pintar yang digunakan.

Jadi, pengguna ponsel Android maupun iPhone harus mengetahui tipe Android dan iOS yang digunakan agar terus bisa menggunakan aplikasi WhatsApp di handphone (HP) yang digunakan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomunfo) Kota Pasuruan, Kokoh Ari Hidayat mengatakan, pembatasan WhatssAp terhadap perangkat tertentu merupakan kebijakan diluar pemerintah. Ia meminta masyarakat dapat mempergunakan media ponsel sebaik-baiknya.

“Itu murni kebijakan perusahaan yang bersangkutan dan tidak ada ranah kebijakan pemerintah,” ujar Kokoh menjelaskan. (*)


Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Remaja Diingatkan Tak Salah Gunakan Teknologi

Baca Juga

Polresta Luncurkan Aplikasi Respon Tindak Kamtibmas

Probolinggo – Polres Probolinggo Kota (Polresta) meluncurkan (launching) aplikasi lapor Prabu Presisi Mangga Manis di …