Musim Hujan, 4 Tiang Listrik Tumbang

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Selama musim hujan tahun ini, sedikitnya 4 tiang listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kabupaten Probolinggo, roboh. Seluruh tiang SUTM (Saluran Udara Tegangan Menengah) yang roboh, berada di wilayah dataran tinggi.

Manager PLN Rayon Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Hendy Pranata mengatakan, robohnya empat tiang listrik itu disebabkan faktor alam, seperti angin kencang yang menerpa pepohonan hingga roboh mengenai tiang. Akibatnya, aliran listrik di sekitar wilayah tersebut padam.

“Keempat tiang roboh itu berada di Desa Pedagangan, Ranu Agung, dan Rejing Kecamatan Tiris, lalu Desa Watupanjang Kecamatan Krucil. Di wilayah itu pohon sangat padat dan berdekatan dengan tiang listrik,” kata Hendy, Kamis (24/12/2020).

Untuk mengatasinya, lanjut Hendy, pihaknya mendatangkan bala bantuan dari sejumlah unit untuk melakukan pemangkasan pohon di wilayah pegunungan. Sebab, ranting pohon yang menyebar dapat menyebabkan konsleting arus listrik jika dibiarkan.

“Kami datangkan delapan unit dari luar untuk pangkas ranting pohon. Karena jaringan listrik kami peka jika tersentuh benda apapun. Jadi jika listrik padam pasti jaringan listrik itu tersentuh benda, bukan kami yang memadamkan,” tuturnya.

Padamnya aliran listrik jika tertimpa pepohonan, sambung Hendy, lebih baik dibandingkan jika kondisi listrik tetap hidup. Karena, jika listrik masih hidup otomatis alirannya akan tetap menjalar dan dapat menyengat apabila tersentuh.

“Pertimbangan kami juga untuk kemanusiaan, karena tidak jarang ditemui orang meninggal tersengat listrik dari tiang yang roboh akibat tertimpa pohon. Maka dari itu pangkas pohon ini menjadi solusinya,” tutup pria asal Bangkalan, Madura ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT


Baca Juga  PPKM Diperpanjang, 18.088 Warga Kota Probolinggo Terima Bantuan Beras

Baca Juga

Pasca Banjir Lahar Hujan Semeru, Ratusan Warga Terserang Gatal-gatal hingga ISPA

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, membuat ratusan warga terdampak bencana terserang …