MAYANGAN-PANTURA7.com, Sebanyak 15 pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo terkonfirmasi positif Covid-19. Dari belasan orang itu, termasuk Kepala Dishub, Sumadi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DKP2KB) Kota Probolinggo, Nurul Hasanah Hidayati menjelaskan, penyebaran virus asal Tiongkok itu di lingkungan Dishub awalnya diketahui saat Sumadi dinyatakan positif Covid-19.

Sumadi, menurutnya, sempat menjalani perawatan di RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo. Namun karena kondisinya memburuk, Sumadi lantas dirujuk ke rumah sakut rujukan Covid-19 di Malang.

“Saya hanya mendengar Pak Sumadi kemarin dirujuk ke Malang. Nah, kemarinya itu tanggal berapa, persisnya saya kurang paham,” terang Hidayati, Kamis (24/12/2020).

Hidayati menyebut, klaster Dishub Kota Probolinggo berawal dari Sumadi. Setelah pihaknya melakukan tracing, diketahui ada 14 pegawai Dishub yang terpapar Covid-19.

“Memang awalnya dari Pak Sumadi. Namun, belum diketahui Pak Sumadi terpapar dari mana, sebab hasil (tes swab) istrinya negatif,” ia menjelaskan.

Saat ini, imbuh Hidayati, belasan pegawai Dishub yang terkonfirmasi positif sudah menjalani isolasi di Rusunawa Mayangan. Sembari itu, tracing dan kontak erat pasien terus dilakukan.

Sememtara, kantor Dishub yang berada di jalan Suroyo, tetap beroperasional seperti biasa meski belasan pegawai terjangkit virus koron. “Kantor Dishub tidak lockdown,” pungkas Hidayati.

Sekedar informasi, hingga Kamis (24/12/2020) malam, angka kasus positif Covid-19 di Kota Probolinggo, mencapai 1.282 orang. Rinciannya, 938 pasien sembuh, 254 pasien masih dirawat,  dan 90 pasien meninggal dunia. (*)


Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Vaksinasi Tahap 2 di Kota Probolinggo Sasar Jurnalis