Dikukuhkan, Komnas PA Berkomitmen Lindungi Anak-anak Probolinggo

MAYANGAN-PANTURA7.com, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Probolinggo Raya periode 2020-2025 dikukuhkan Jumat, (20/11/2020) pagi. Pengukuhan dilakukan di rumah dinas Bupati Probolinggo, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Pelantikan dipimpin oleh Ketua Komnas PA RI, Arist Merdeka Sirait. Proses pelantikan menerapkan protokol Covid-19 mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi.

Ada 12 orang yang dikukuhkan Aris dengan ER. Pujiastuti menjabat sebagai ketua. Ketua terpilih akan dibantu sejumlah seksi, seperti Seksi Advokasi dan Reformasi Hukum, Seksi Sosialisasi dan Promosi Hak Anak serta Seksi Pemantauan dan Kajian Perlindungan Anak dalam mengemban amanahnya nanti.

Usai pengukukan, Arist Merdeka Sirait mengatakan, kekerasan terhadap anak bukan hanya terjadi di Kabupaten Probolinggo, melainkan di seluruh Indonesia. Mirisnya, mayoritas pelaku adalah orang dekat yang seharusnya menjadi garda terdepan dalam melindungi anak dari kekerasan.

“Oleh karena itu, perlu sebuah gerakan nasional di Indonesia. Karena kekerasan terhadap anak terkonfimasi di berbagai daerah, karenanya perlu gerakan nasional pertolongan anak di Indonesia dimana saat ini didominasi oleh pelanggaran hak anak,” kata Arist.

DIKUKUHKAN : Komnas PA Kabupaten Probolinggo saat dilantik oleh Ketua Komnas PA RI, Arist Merdeka Sirait. (Foto : Moh Ahsan Faradies)

Kekerasan terhadap anak, menurut Arist, antara lain berupa tindak kekerasan secara fisik, seksual, penganiyaan emosional, atau pengabaian terhadap anak. Semuanya terjadi didalam lingkungan keluarga, sekolah hingga lingkungan mereka berinteraksi.

“Kami juga menitipkan kepada pihak kepolisian dan juga pemerintah agar tidak ada kata damai bagi siapapun pelakunya. Indonesia sangat memerlukan pertolongan bagi anak-anak yang mendapat kekerasan,” ungkap pria asal Medan ini.

Arist berharap, Komnas PA Probolinggo Raya mampu dan bisa maksimal dalam memberikan perlindungan bagi anak-anak di Kabupaten Probolinggo. “Kekerasan terhadap anak harus dikawal,” Arist menyudahi.

Sementara itu, Ketua Komnas PA Probolinggo, ER. Pujiastuti menyebut pelantikan tersebut menjadi tantangan baginya dan seluruh anggotanya untuk memberikan pelayanan dan perlindungan bagi anak-anak di Probolinggo.

Baca Juga  Long Weekend, Pengusaha Wisata Bromo Tersenyum

“Maka dari itu, target terdekat kami adalah membentuk pengurus Komnas PA di tingkat kecamatan- karena wilayah Kabupaten Probolinggo sangat luas, sehingga kasus-kasus anak nantinya bisa tercover,” tutur perempuan kelahiran Surakarta itu.

Pada pengukuhan tersebut, selain dihadiri oleh Ketua Komnas PA RI, juga hadir  Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo, Kapolres Probolinggo, AKBP. Ferdy Irawan dan Plt Pasi Intel Kodim 0820 Probolinggo, Kapten Heri. (Adv)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Wali Kota Tandatangani Pemanfaatan BMD, Plaza Probolinggo Segera Difungsikan Kembali

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo dan PT. Amco Jaya Tri Tunggal Pratama menandatangani kesepakatan pemanfaatan Barang …