Empat Bulan, Warga Sukapura Konsumsi Air Hujan

SUKAPURA-PANTURA7.com, Sebanyak 120 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Gedong, Desa Sariwani, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo harus memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Warga alami kekurangan air bersih setelah ada penggalian sumber mata air baru oleh warga di dusun, yang jaraknya tak jauh dari sumber mata air di Dusun Gedong. Sedikitnya, ada 400 warga yang terdampak.

“Akibat ada galian sumber mata air baru itulah, kemudian debit mata air sumber pertama kecil. Sehingga warga sini sepakat menandon air dari sumber itu zelama 3 hari untuk bisa diambil dan dikonsumsi,” kata Suhud (60) warga setempat, Senin (9/11/2020).

Jika hasil tandonan air selama 3 hari sudah dialirkan atau diambil oleh warga sekitar dan habis sebelum pengambilan selanjutnya, maka menurut Suhud, warga terpaksa menggunakan air hujan yang sudah ditampung.

“Sudah sekitar empat bulan kami bergantung pada air hujan, kami butuh air bersih,” Suhud menjelaskan.

Suhud menyebut, warga di kampungnya melalui perangkat desa sudah melayangkan surat permohonan air bersih kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo. Permohonanan bantuan air itu diserahkan pekan lalu.

“Sudah mengajukan surat permohonan bantuan air bersih ke pemerintah satu minggu lalu, tapi sampai sekarang masih belum ada pengiriman air bersih juga,” ungkap dia.

Dikonfirmasi terpisah, Petugas Pusat Pengendalian Operasi-Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Silvia Verdiana mengatakan, surat permohonan bantuan air bersih dari warga Dusun Gedong baru diterima hari ini.

“Memang suratnya sudah masuk ke BPBD. Menurut informasi, suratnya baru diterima hari ini, saat ini masih di koordinasikan dengan pimpinan,” ungkapnya saat dikonfirmasi via pesan singkat WhatsApp. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Pemudik Wajib Tahu! Ini Titik Rawan Kemacetan di Pasuruan 

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …