Jelang Libur Panjang, Pengelola Wisata Waspada

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menjelang libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dan akhir pekan, pengelola tempat-tempat wisata diminta tetap waspada. Kewaspadaan itu terkait dengan kemungkinan banyaknya pengunjung yang berpotensi terjadinya penularan Covid-19.

Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo pun meminta pengelola tempat-tempat wisata memperketat penerapan protokol kesehatan.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait antisipasi libur panjang nanti,” ungkap Kepala Dispopar, Budi Krisyanto, Selasa (27/10/2020).

Dikatakan sejak merebaknya Covid-19, pemerintah telah meminta seluruh pengelola objek wisata menyiapkan sarana prasaran protokol kesehatan. Di antaranya, tempat mencuci tangan, thermo gun di pintu masuk, hand sanitizer.

Selain itu petugas dan pengunjung wajib mengenakan masker. Semua pengunjung juga dicek suhu tubuhnya.

“Seluruh objek wisata telah menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan SOP-nya,” tegas Budi Kris, panggilan akrab Budi Krisyanto.

Sementara itu meski bukan pengelola objek wisata, Kepala Syahbandar Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Arif Wahyudi juga siap menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung pelabuhan. Soalnya, banyak warga yang bermaksud wisata “berendam” di laut (kumkum) di kawasan PPP Mayangan.

Belum lagi warga yang memang bekerja di sektor perikanan seperti nelayan, anak buah kapal, kuli angkut, hingga pedagang ikan. Selama ini PPP Mayangan selalu ramai setiap hari.

“Kami tidak ingin PPP Mayangan sebagai tempat warga berendam menjadi klaster penyebaran Covid-19 dan kami terus melakukan pengawasan maupun evaluasi,” ujar Arif. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Probolinggo Tempo Doeloe Digemari Generasi Milenial 

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …