Markas Polsek Kanigaran Mulai Dibangun

KANIGARAN-PANTURA7.com, Rencana pembangunan markas Polsek Kanigaran, Kota Probolinggo, bukan isapan jempol belaka. Pada Senin (28/8/2020), peletakan batu pertama markas yang terletak di jalan Citarum, Kelurahan Curahgrinting Kecamatan Kanigaran itu dilakukan.

Peletakan batu pertama pembangunan dilakukan oleh Kepala Biro Perencanaan Polda Jawa Timur, Kombes Pol Drs. Revindo. Sementara pemerintah kota (Pemkot) Probolinggo diwakili Wawali, HM. Soufis Subri.

“Pembangunan Mapolsek Kanigaran sudah dicita-citakan sejak lama. Karena wilayah hukum Polres Probolinggo Kota cukup luas sehingga membutuhkan kedekatan kantor polisi di dalam kehidupan masyarakat,” kata Revindo.

Realisasi pembangunan Mapolsek Kanigaran, imbuh Revindo, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Guna memaksimalkan upaya penanganan pihak kepolisian,” papar dia.

Ia berharap, berdirinya Mapolsek Kanigaran juga segera diimbangi dengan terpenuhinya Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarananya. “Tentu dengan dukungan semua pihak,” harap Revindo.

Sementara Wakil Walikota Probolingho, HM. Soufis Subri menyebut, awalnya pembangunan direncanakan pada dua mapolsek yakni, Mapolsek Kanigaran dan Kedopok. Namun pandemi Covid-19 membuat rencana tersebut dipangkas.

“Kami hanya bisa membangun Mapolsek Kanigaran dengan anggaran Rp 2,5 mliar dengan penawaran Rp 2,1 miliar tahun 2020 ini. Untuk pembangunan Mapolsek Kedopok di Jalan Serayu, ditunda pembangunannya. Insyaallah dibangun pada 2021 mendatang,” urai Subri

Padahal sebelum pandemi Covid-19, Pemkot Probolinggo sudah menyiapkan dua petak lahan masing-masing 700 meter persegi di Jalan Citarum dan Jalan Serayu. Selain itu, juga disiapkan dana sekitar Rp 5 miliar melalui APBD 2020 untuk membangun dua mapolsek tersebut.

“Jadi pembangunan mapolsek tahun ini hanya bisa diwujudkan satu, yakni Mapolsek Kanigaran. Karena anggarannya dialihkan untuk penanganan Covid-19,” Subri menjelaskan.

Mapolsek Kanigaran dibangun diatas lahan seluas 700 meter persegi dengan anggaran sekitar Rp 2,5 miliar. Polsek baru ini ditargetkan sudah bisa beroperasi pada akhir tahun ini. (*)

Baca Juga  Petani Tembakau Mulai Panen, Gudang Belum Buka


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …