Sungai di Wiroborang Dangkal, Ditumbuhi Rerumputan

MAYANGAN-PANTURA7.com, Aliran sungai di Kelurahan Wiroborang di Kota Probolinggo semakin dangkal akibat sedimentasi dan ditumbuhi rerumputan. Akibatnya, aliran sungai yang dimanfaatkan untuk irigasi lahan pertanian itu tidak lancar dan terkesan tidak terawat.

Hal itu terlihat pada sungai di RT 04/RW 02 ,tepatnya barat SD Wiroborang. Kondisi sungai yang tidak lagi normal dikeluhkan sejumlah warga setempat.

Yanto misalnya, mengaku menyayangkan kondisi tersebut. “Sayang kalau sungai di Wiroborang tidak dibersihkan dan dirawat. Ini buktinya, banyak tumbuh rumput liar dan cukup tinggi,” katanya, Sabtu (26/09/2020).

Hal yang sama dikatakan Budi. Dikatakan biasanya aliran sungai tersebut rutin dirawat. “Tidak tahu mengapa akhir-akhir ini seperti tidak dirawat hingga ditumbuhi rumput liar,” katanya.

Untuk itu, Budi berharap pihak Kelurahan Wiroborang agar bisa memperhatikan lingkungan termasuk aliran sungai di Wiroborang.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kota Probolinggo, Agus Hartadi mengatakan, kondisi sungai di Wiroborang itu sebenarnya sudah direncanakan hendak dikeruk. “Tetapi anggaran untuk pengerukan sungai dialihkan atau di-refocusing untuk penanangan pandemi Covid-19,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Jarak Terdekat Bumi-Matahari: Hari Tanpa Bayangan di Probolinggo

Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …