Protes Galian C, Warga Pesambon Blokade Jalan

PROBOLINGO-PANTURA7.com, Warga Dusun Kajen, Desa Pesambon, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, terpaksa memblokade jalan desa setempat, Jumat (13/7/2018) pagi. Penutupan jalan itu dilakukan sebagai bentuk protes karena jalan desa rusak dan berdebu.

Informasi yang dihimpun, aksi blokade jalan desa dilakukan warga sekitar pukul 8.30 WIB. Massa menggunakan sepeda motor untuk menutup jalur penghubung antar desa itu, sembari membentangkan sejumlah poster kecaman.

Warga menuding kerusakan jalan desa dan polusi udara yang terjadi di lingkungannya, disebabkan oleh proyek galian tanah urug, yang berada tak jauh dari pemukiman. Bahkan warga mengklaim, aktifitas mereka terganggu akibat kerusakan infrastruktur jalan tersebut.

“Iya warga daerah sini dan saya sendiri sangat kesal mas, ingin proyek itu itu dihentikan dan jalannya diperbaiki. Penggalian tanah itu kan belum ada persetujuan dari warga mas,” kata salah seorang peserta aksi, Taufik.

Kondisi jalan Desa Pesambon, Kecamatan Kotaanyar yang diprotes warga setempat, Jum’at (13/7/2018).

Selain menuntut proyek galian C dihentikan, warga meminta agar pengelola proyek bertanggungjawab dengan melakukan perbaikan jalan. “Tadi dimintai surat ijin sama perjanjian perbaikan jalan, malah bingung kepala desanya,” imbuh Taufik seraya membubarkan aksi.

Terpisah, pengelola proyek Fathor mengaku bahwa galian C yang ditanganinya sudah sesuai prosedur. Selain telah dilengkapi ijin operasional, Fathor menyebut bahwa pihaknya sudah memenuhi permintaan warga sekitar terkait kelestarian lingkungan.

“Permintaan-permintaan warga, yakni penyiraman sudah kita siram tiap hari, terpal penutup kendaraan juga sudah kita lakukan. Sudah seusai prosedur, dari desa sudah ada ijin,” pungkas Fathor saat dihubungi via seluler. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga  Kantor Kelurahan Triwung Lor Dipatok Ahli Waris

Baca Juga

Januari-Mei, 8 Kecelakaan Terjadi di Perlintasan Sebidang Wilayah Daop 9 Jember

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mencatat, sejak Januari hingga Mei 2024 …