Pedagang Sayur Ini Semprot Disinfektan Uang dari Pembeli

MAYANGAN-PANTURA7.com, Penyebaran Covid-19 diduga bisa melalui benda-benda yang sering dipegang atau digunakan masyarakat sehari-hari. Salah satunya uang, yang selalu berpindah-pindah tangan.

Apalagi, pedagang selalu berhadapan dengan uang sebagai bagian penting dalam kesehariannya. Banyak cara bisa dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona yang menempel pada uang tersebut, salah satunya dengan menyemprotkan disinfektan.

Seperti yang dilakukan Misti (46), pedagang sayuran di Pasar Kronong, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Ia menyemprotkan cairan disinfektan terhadap uang yang diterima dari para pembeli.

Ia mengatakan, ide awal menyemprot uang itu karena terpikir uang sangat rentadatang mengingat rentannya penyebaran virus melalui media uang. “Agar lebih steril dari virus corona, uang saya semprot disinfektan,” ujar Misti, Rabu (23/9/2020).

Setiap pembeli sayur yang datang ke lapaknya diminta menaruh uang di kotak yang telah disediakan. Misti pun meminta pelanggannya untuk membayar dengan uang pas. Baru jika sudah terkumpul beberapa lembar uang,Misti kemudian menyemprotnya dengan cairan disinfektan yang sudah dipersiapkan.

Menurutnya pembeli yang datang dari luar daerah juga menjadi pertimbangannya untuk menyemprot uang yang diterimanya. Antisipasi penularan Covid-19 dalam setiap kesempatan menjadi hal utama yang diperhatikannya selama berjualan.

Ia juga selalu mewajibkan pembelinya menerapkan protokol kesehatan, mulai dari cuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan, meminta pembeli menjaga jarak, dan mewajibkan semua yang datang untuk memakai masker.

Salah satu pembeli,Yudi mengapresiasi langkah pencegahan Covid-19 yang dilakukan Misti. Menurutnya, penyemprotan terhadap uang menjadi hal unik yang memang patut dicontoh.

Tidak hanya menaruh uang pembelian sayuran di kotak yang telah disediakan, Misti juga meminta pembeli mengambil sendiri sayur yang dibelinya. “Baru saya jumpai satu ini pelayanan yang unik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan,” ujar Yudi. (*)

Baca Juga  Diare Berat Bisa Picu Kematian, Bayi Diimunisasi Rotavirus


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …