Dam Licin, Destinasi Wisata Baru yang Murah nan Eksotik

KRATON-PANTURA7.com, Ditengah pandemi Covid-19, warga di Desa Dhompo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya, masih bisa menikmati wisata alam. Destinasi wisata ini, selain menyajikan panorama alam eksotik, juga murah.

Destinasi wisata murah nan indah itu adalah wisata air Dam Licin di Desa Dhompo. Spot foto air terjun mini dengan wisata perahu dapat dinikmati pengunjung di wisata sungai tersebut.

Wisata air ini berawal dari inisiatif para pemuda Karang Taruna di Desa Dhompo, “Dulunya Dam Licin ini ditaburi bibit ikan. Dari situ kemudian muncul ide membuat semacam wahana perahu,” papar M. Mahmud, salah satu pengelola wisata, Selasa (22/09/2020).

WISATA SUNGAI : Dam Licin Dhompo juga menyajikan wisata perahu menyusuri sungai. (foto : Suhada Kamilio)

Wisata air ini mulai dibuka pada awal Agustus 2020. Adapun jam berkunjung dibuka mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Tak perlu membayar tiket masuk, untuk menikmati wisata berpanorama indah ini. Pengunjung cukup membayar uang Rp2.000 – Rp5.000 untuk parkir kendaraan dan Rp5.000 per kepala untuk menyusuri Dam Licin dengan jarak ratusan meter menaiki perahu.

“Ada dua wahana perahu di wisata air ini, 2 unit perahu besar dan dan 1 unit perahu mini khusus anak-anak,” tandas Mahmud.

Karena masih pandemi, maka pengelola menyediakan fasilitas cuci tangan, handsanitizer dan menerapkan jaga jarak. Pengelola juga membatasi jumlah pengunjung agar tidak terjadi kerumunan.

Salah seorang pengunjung, Arifah (21) mengatakan, ia merasa senang berwisata di wisata air Dam Licin, “Senang, pastinya. Awalnya penasaran, sekarang sudah lega. Tempatnya indah, spot fotonya alami,” curhat dia.

Namun Arifah mewanti-wanti pengunjung lain agar berhati-hati saat menelusuri beberapa spot foto di Dam Licin. Sesuai namanya, Dam Licin penuh bebatuan licin berlumut yang berpotensi membuat pengunjung terpeleset,

Baca Juga  Nyepi, Akses ke Bromo Ditutup, Wisatawan Putar Balik

“Tetap berhati-hati, banyak spot yang licin dan jangan lupa memakai masker,” pesan Arifah. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …