Masak lalu Ditinggal, Rumah Petani Bawang Terbakar

GENDING-PANTURA7.com, Musibah kebakaran terjadi di Desa Sumber Kerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Selasa (15/9/2020) malam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta.

Kobarab api mulai terlihat sekitar pukul 19.30 WIB. Rumah yang terbakar diketahui milik pasangan suami istri (Pasutri) Sulkan Amar (55) dan Horiyah (45) warga Dusun Karmen Wetan, Desa Sumber Kerang.

“Sumber api dari dapur, kebetulan rumah sedang kosong. Pemiliknya keluar, suaminya ke sawah dan istrinya sedang belanja ke toko. Sebelum pergi ke toko, ia sempat memasak air dan lupa tidak dimatikan,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) setempat, Bunadi.

Sementara itu, menurut Salam, warga di tempat kejadian perkara (TKP) menyebut, mulanya si jago merah terlihat dari belakang rumah. Saat itu, terlihat asap tebal keluar dari dapur.

Namun lama kelamaan, asap berubah jadi kobaran api sebelum akhirnya mobil pemadam kebakaran (Damkar) datang dan melakukan pemadaman.

“Awal saya sampai itu hanya asap saja yang keluar, baru sekitar 30 menit berubah jadi api. Kondisi rumah memang sedang kosong, karena istri pemilik rumah lagi belanja untuk mengirim pekerja di sawahnya,” ungkap Salam.

Terpisah, Kapolsek Gending, AKP Ohim mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Hanya saja kerugian ditaksir mencapai Rp200 juta. Saat ini polisi tengah melakukan olah TKP guna mencari penyebab pasti kejadian.

“Kebakaran berawal ketika istri pemilik rumah memasak air untuk membuat kopi pekerja di sawahnya, lalu ditinggal keluar karena telalu panas kemudian meledak. Kebetulan di dapurnya ada bawang yang sedang dikeringkan sehingga api mudah menyebar,” jelasnya. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Dua Sekawan Kompak Curi Motor, Aksinya Terekam CCTV

Baca Juga

Pasca Banjir Lahar Hujan Semeru, 8 Jembatan Rusak, Warga Kembali Dievakuasi

Lumajang,- Sebanyak 32 Kepala Keluarga (KK) yang berada di Dusun Krajan, Desa Sumberurip, Kecamatan Prononjiwo …