PASURUAN-PANTURA7.com, Sejumlah baliho bakal pasangan calon (bapaslon) dalam pemilihan Walikota – Wakil Walikota Pasuruan 2020 bertebaran di sejumlah sudut kota. Baik milik Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Adi Wibowo maupun Raharto Teno Prasetyo-Moh. Hasjim Asy’ari (TEGAS).

Pantauan PANTURA7.com, sebelum baleho bapaslon Gus Ipul – Mas Adi terpasang, baleho papaslon dengan akronim TEGAS lebih dahulu terpasang di sejumlah jalanan Kota Pasuruan, sejak sekitar awal September lalu.

Baliho dengan ukuran besar milik bapaslon petahana itu diantaranya terpasang di persimpangan Jl. Pahlawan. Kemudian baliho Gus Ipul) – Mas Adi, terlihat di perempatan taman Sekargadung.

Komisioner Bawaslu Kota Pasuruan Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran, Awanul Mukhrisin menyebut, pihaknya belum bisa menindak dan menertibkan baliho karena masuk dalam kategori sosialisasi.

“Artinya, karena dari KPU masih belum ada penetapan paslon, jadi hal itu merupakan bentuk sosialisasi dari bapaslon dan bukan merupakan APK,” paparnya via panggilan Whatsapp (WA), Pasuruan, Selasa (15/09/2020).

Ia menambahkan, pihaknya baru bisa bertindak jika sudah ada penetapan paslon oleh KPU Kota Pasuruan. Penetapan itu, rencananya akan dilakukan KPU pada tanggal 23 September dan dilanjut tahap kampanye pada tanggal 26 September.

“Dalam tiga hari setelah penetapan hingga masa kampanye itu tidak diperkenankan untuk melakukan kampanye,” tambah dia.

Apabila ada salah satu paslon yang melakukan kampanye atau memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di masa 3 hari itu, Awanul akan menyampaikan surat rekomendasi pada KPU untuk menertibkan APK yang menyalahi aturan masa kampanye.

Dalam proses penertiban, nantinya KPU akan bekerjasama dengan Satpol PP. “KPU bisa melakukan penertiban ini dengan menggandeng Satpol PP,” tutup Mukhrisin. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Berkas Lengkap, TEGAS Segera Jalani Tes Kesehatan