Nakes Terpapar Covid-19, Puskesmas Pajarakan Ditutup

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Puskesmas Pajarakan ditutup oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo. Penutupan pusat kesehatan masyarakat itu berlaku sejak Jum’at (11/9/2020) kemarin.

Pelayanan di Puskesmas Pajarakan ditutup selama tujuh hari. Namun, berdasarkan banner pemberitahuan yang ditempel di Puskesmas tertulis pelayanan Unit Gawat Darurat (IGD), rawat inap hingga persalinan tidak dibuka hingga waktu yang tak ditentukan.

Jubir Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Veronica mengatakan, penutupan sementara pelayanan operasional Puskesmas Pajarakan semata-mata untuk keamanan dan kenyamanan warga.

“Sehingga perlu dilakukan sterilsasi dan disinfeksi, karena ada satu Tenaga Kesehatan (Nakes) terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga semua pelayan ditutup, kecuali rawat jalan saja,” kata dr. Dewi, Sabtu (12/9/2020).

Ia menambahkan, Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo sudah berupaya mencegah penularan dan penyebaran wabah asal Tiongkok tersebut terhadap seluruh karyawan Puskesmas Pajarakan dengan melakukan swab.

“Kami lakukan tracing kepada orang-orang yang memiliki kontak erat dengan nakes positif Covid-19 tersebut. Sebanyak 60 karyawan Puskesmas Pajarakan diswab, apabila hasilnya negatif maka akan dibuka kembali pelayanannya,” ujar wanita asal Kota Balikpapan ini.

Dugaan sementara, sambung dr. Dewi, nakes yang identitasnya dirahasiakan itu tertular dari anggota keluarganya yang lebih awal terkonfirmasi positif Covid-19.

Kini, menurut dr Dewi, nakes yang terpapar Covid-19 sudah berada di rumah pengawasan untuk menjalani karantina. Ia masuk dalam kategori pasien positif asimtomatis atau tanpa gejala.

“Nakes tersebut apakah dokter apa perawat atau bidan, kami masih belum tahu juga. Kami hanya menerima laporan ada nakes positif saja,” ungkap Kasi Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Pulang dari Temboro Magetan, Santri Asal Sumber Terpapar Covid-19

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …