Januari Sumbang Kasus DBD, 8 Kecamatan Di-fogging

KRAKSAAN,- Sejak musim penghujan pada Januari 2022, sudah ada 17 kasus orang yang terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Probolinggo. Bahkan, dari jumlah itu, diperkirakan kasus DBD akan terus meningkat pada bulan-bulan berikutnya.

Hal itu diungkapkan Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica. Meningkatnya kasus DBD selama bulan Januari, langsung disikapi dengan pengasapan (fogging( di delapan kecamatan.

Kedelapan kecamatan itu, Paiton, Kraksaan, Kotaanyar, Leces, Pajarakan, Dringu, Pakuniran dan Gending. Dari jumlah kecamatan tersebut, kata dr. Viro, begitu dia disapa, merupakan daerah yang selama Januari 2022 penyumbang kasus DBD.

“Dari jumlah kasus itu, bukan merupakan daerah penyumbang DBD terbanyak melainkan fogging itu dilakukan karena memang delapan kecamatan itu memenuhi syarat fogging, seperti banyaknya jentik-jentik nyamuk yang ditemukan,” kata dr. Viro, Senin (24/1/2022).

Selain itu, lanjut dr. Viro, di delapan kecamatan tersebut memang dikarenakan adanya pasien atau kasus DBD lebih dari seorang. Sehingga, pihaknya melakukan fogging di sekitar rumah pasien DBD terdekat serta tempat-tempat yang memang berpotensi jadi sarang nyamuk.

“Fogging ini tidak hanya dilakukan oleh kami (Dinkes), tapi puskesmas sejatinya juga bisa dengan catatan, di puskesmas ini punya alat-alat fogging sendiri sehingga tidak perlu adanya ijin kalau hendak melaksanakan fogging,” ujarnya.

Perempuan yang sekaligus Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo ini mewanti-wanti agar masyarakat lebih bisa memperhatikan lingkungan sekitarnya. Tujuannya untuk mempersempit adanya kasus penyakit ketika musim hujan.

“Apalagi BMKG juga sudah merilis kalau puncak musim hujan di wilayah Jawa Timur akan terjadi pada Februari ini. Jadi bisa jadi angka kasus DBD dan penyakit lainnya juga akan ikut naik. Jadi waspada saja dan biasakan hidup bersih,” tutur dr. Viro. (*) 

Baca Juga  Viral, Video Pelaku Penculikan Anak di Paiton Dimassa

Penulis: Moh. Ahsan Faradisi
Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Seribuan Kasus DBD di Kab. Probolinggo jadi yang Tertinggi di Jatim

Probolinggo,- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Probolinggo terbilang cukup banyak. Sepanjang tahun ini …