Sumber Sentong Disulap Jadi Wisata Pancing

KEDOPOK-PANTURA7.com, Di tengah pandemi Covid-19, sejumlah pemuda di Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo menjadikan Sumber Sentong sebagai wisata pemancingan.

Meski begitu panitia tetap mematuhi protokol kesehatan. Caranya para pemancing diminta memakai masker dan cek suhu tubuh saat masuk ke lokasi pemancingan seperti terilihat Jumat (11/9/2020).

Hal ini dilakukan untuk menggerakkan ekonomi warga setempat yang sebelumnya ikut terpukul akibat mewabahnya Covid-19. Dengan memanfaatkan media sumber air yang sebelumnya dikenal angker dan sunyi ini disulap menjadi kolam pemancingan. Wisata pemancingan ini mampu menjadi magnet bagi para pemancing ikan tawar.

Tak hanya itu, kegiatan wisata baru itu juga memberikan efek domino bagi masyarakat. Roda perekonomian warga sekitar yang berjualan jajan, kerajinan hingga warung ikut berputar.

Masyarakat ikut mendapatkan rezeki dengan dibukanya wisata pemancingan yang unik ini. Beragam lomba pancing pun kini mulai dibuka. Pengunjung pancing mania pun tak hanya dari Kota Probolinggo, juga datang dari luar daerah.

Warga sekitar, Edy mengatakan, di Sumber Sentong para pemancing tak perlu khawatir hasil pancingan. “Soalnya ikan hasil pancingan bisa dibeli langsung dengan harga sesuai pasar.Terkadang juga dibawa pulang,” terangnya.

Sejumlah pengunjung mengaku, asyik memancing di Sumber Sentong. Lokasinya cukup menarik dan luas. Satu hal lagi bagi pemancing mania uniknya meski kalah alias tidak mendapatkan ikan sama sekali, tetap bisa bersantai menghilangkan penat keseharian.

Sementara itu Lurah Jrebeng Wetan,Sutari mengatakan, dibukanya kolam pancing bertujuan untuk menggerakan perekomian warganya. Dia juga menyatakan bersama dengan pemuda sekitar akan mengaktifkan semua kolam di wilayah ini untuk dijadikan lokasi wisata.

“Dengan dibukanya wisata pemancingan ini masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Dapat meningkatkan ekonomi warga. Warga dapat membuka usaha berjualan atau apapun yang dibutuhkan oleh para pemancing dan pengunjung,” terangnya.

Baca Juga  Akhir Juli, Jazz Gunung Bromo Bakal Kembali Digelar

Sekadar informasi, beberapa waktu lalu di Sumber Sentong digelar lomba memancing untuk umum. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Probolinggo yang ke-661.

Di Sumber Sentong juga tersedia 130 tempat (posisi) memancing. Pemancing diwajibkan memakai masker dan jaga jarak. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …