Senam ‘Kumkum’ di Laut Sehatkan Jantung, Lancarkan Darah

MAYANGAN-PANTURA7.com, Komunitas berendam (kumkum, Jawa) di laut menggelar kegiatan senam sehat sambil berendam di kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo. Senam sehat yang digelar Jumat (11/9/2020) itu diikuti sekitar 60 anggota komunitas kumkum.

Ketua Komunitas Sahabat Laut, Hari Pramono mengatakan, selain menyehatkan badan, keguyuban anggota juga semakin bertambah. Semua ceria dan tambah akrab.

“Usai senam sehat bersama, warga juga melakukan kerja bakti, utamanya bersih-bersih di sekitar wilayah pelabuhan perikanan,” katanya, Jumat.

Kebanyakan orang yang bersenam sehat di dalam laut untuk menurunkan berat badan.Padahal, senam senam sehat adalah olahraga yang menitikberatkan pada meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan.

“Tentu, manfaat yang didapatkan tidak hanya berkutat di dua organ tersebut, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan,” kata Hari.

Senam ini salah satu dari sekian banyak olahraga yang masuk dalam kelompok olahraga. Jogging, berenang, dan bahkan kickboxing. Jenis olahraga ini, juga sering dikenal dengan nama latihan kardio.

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, senam sehat ini juga bermanfaat untuk mencegah berat badan kembali naik. “Jika dipadukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori, maka berat badan ideal akan semakin cepat tercapai,” imbuhnya.

Anggota komunitas lainnya, Andjarwati menambahkan, melakukan senam sehat di dalam air laut akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan dapat memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

“Saat pertama kali memulai senam aerobik, tubuh mungkin akan terasa lelah. Namun, jika dilakukan secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang. Kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot Anda juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu,” ujar pensiunan ASN Pemkab Probolinggo itu. (*)

Baca Juga  Dijerat Tipiring, 5 PSK Pilih Bayar Rp 300 Ribu


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Alih Status, Dua Ribuan Wanita di Probolinggo jadi Janda

Probolinggo,- Kasus perceraian di Kabupaten Probolinggo masih cukup tinggi. Sepanjang tahun 2023, Pengadilan Agama (PA) …