Danau Ranu Grati Dibuka, Pengunjung Mulai Menyemut

GRATI-PANTURA7.com, Danau Ranu Grati yang terletak di Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, dibuka kembali bagi wisatawan. Namun reaktivitas wisata air ini, statusya masih uji coba.

Uji coba reaktivitas Danu Ranu Grati dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan mulai tanggal 28 Agustus 2020 lalu. Kebijakan itu disesuaikan dengan reaktivitas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Petugas keamanan Danau Ranu Grati, Apri menjelaskan, selama masa uji coba fasilitas wisata Danau Ranu Grati tidak seluruhnya di buka, “Untuk fasilitas perahu memang belum dibuka, karena ada beberapa perahu dalam tahap perbaikan,” kata Apri, Sabtu (5/9/2020).

Meski tidak semua fasilitas wisata dibuka, imbuh Apri, namun wisatawan mulai banyak berdatangan, bahkan diantaranya berasal dari Surabaya dan Gempol, “Tapi yang paling banyak adalah warga sekitar,” paparnya.

Selama proses uji coba, wisatawan dihimbau selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dengan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker (3M) “Kami akan terus menghimbau pengunjung agar mematuhi protokol kesehatan,” tutur Apri.

Salah satu wahana yang paling banyak dinikmati selain spot foto adalah wahana memancing. Sebab tak hanya menawarkan waktu bersantai yang tenang, juga karena ikan yang bisa dipancing sudah besar-besar.

“Ikut senang, bisa memancing lagi di sini karena sebelum ditutup akibat pandemi Covid-19, saya sering memancing di sini,” kata salah satu wisatawan yang enggan disebutkan namanya.

Ranu Grati yang memiliki danau seluas 107 hektar dengan latar belakang pegunungan tengger menakjubkan dapat dinikmati oleh wisatawan dengan menempuh jarak 2,5 km dari Jl. Raya Pantura, Pasuruan – Probolinggo. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Survei Kawasan Bromo, Investor Amerika Buktikan Serius Berinvestasi di Kabupaten Probolinggo

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …