Pilwali Pasuruan, Rekomendasi Golkar Tunggu ‘Last Minutes’

PASURUAN-PANTURA7.com, Disebut-disebut akan berkoalisi dengan PKB dalam Pilkada Serentak 2020 Kota Pasuruan, namun Partai Golkar tak kunjung mengeluarkan surat keputusan (SK) rekomendasi. Padahal pendaftaran pasangan calon (paslon) akan dibuka pada pekan depan.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu II DPD Golkar Jawa Timur Wahid Nurrahman menjelaskan, SK rekomendasi dari partai berlambang beringin itu sejatinya sudah siap. Namun pihaknya, masih menunggu petunjuk dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar.

“Kita nunggu rekomendasi terbaru dari DPP. Insyaallah minggu depan, pokoknya sebelum pembukaan pendaftaran sudah diterimakan,” kata Wahid, Sabtu (29/8/2020).

Didesak kapan pastinya SK rekomendasi untuk paslon diserahkan, Wahid menyebut SK itu akan diberikan ‘last minutes’ atau detik-detik menjelang pendaftaran paslon ke KPU.

“Info yang saya terima, hari Senin besok (SK rekomendasi) langsung dalam bentuk B1 KWK sehingga bisa langsung dipakai mendaftar ke KPU,” papar dia.

Wahid tak menampik, paslon yang akan direkomendasikan partainya mengarah kepada Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Adi Wibowo. “Lobi politik yang menguat selama ini ya dengan Gus Ipul,” bebernya.

Sementara Adi Wibowo yang merupakan kader Partai Golkar, imbuh Wahid, sejak awal memang sudah mendapat surat tugas dari partai untuk melakukan lobi-lobi politik terkait Pilwali Pasuruan.

“Mas Adi Wibowo itu sudah mendapat surat tugas dari DPP, arahnya nanti ke rekomendasi,” tandas anggota DPRD Kabupaten Probolinggo ini.

Sejauh ini, baru PKB, PAN dan PKS yang menyatakan mengusung duet Gus Ipul – Adi Wibowo, dibuktikan dengan SK rekomendasi. Koalisi tiga partai ini mengumpulkan 13 dari total 30 kursi parlemen di Kota Pasuruan.

PKB memiliki 8 kursi, PAN 2 kursi dan PKS 3 kursi. Tambahan 7 kursi yang berasal dari Golkar, akan membuat Gus Ipul – Adi Wibowo diusung koalisi gajah yang memiliki modal 20 kursi parlemen.

Baca Juga  Rapat Pleno KPU Tuntas, ini Daftar Caleg yang Diprediksi Lolos sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan

Paslon Gus Ipul – Adi Wibowo akan menjadi lawan tanding bagi petahana Raharto Teno Prasetyo – Moh. Hasjim Asy’ari, yang diusung PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura dan Gerindra. Koalisi 4 parpol ini memiliki modal 9 kursi parlemen.

Sementara pendaftaran paslon, rencananya akan dibuka oleh KPU Kota Pasuruan, pada tanggal 4 hingga 6 September 2020. (*)



Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Innalillahi! Moh. Haerul Amri, Pejuang Pendidikan di Pasuruan-Probolinggo itu Berpulang

Probolinggo,- Kabar duka dari Senayan, Jakarta. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Moh. Hairul Amri, …